Tips Membeli Barang di Toko Jual Beli Elektronik Bekas

Elektronik adalah salah satu kebutuhan yang sering dimiliki oleh setiap rumah. Elektroink bisa berwujud macam-macam. Misalnya televisi, radio, kipas angin dan lain-lain. Saat ini bermacam merek elektronik hadir di pasaran. Setiap merek memiliki kualitas berbeda-beda serta kelebihan dan kekurangan. Merek-merek tersebut juga mendesain dan memberikan inovasi terbaru produknya sedemikian rupa agar memikat masyarakat. Selain itu harga yang dipatok oleh merek tersebut juga berbeda-beda. Bahkan beberapa merek juga membanderol produknya hingga berharga diatas rata-rata. Tentu saja harga tersebut tidak bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Akibatnya beberapa masyarakat memutuskan untuk membeli elektronik bekas di toko jual beli elektronik bekas.

Gambar terkait
 
Sebenarnya tak ada masalah bila membeli elektronik bekas. Asal bisa memilih dengan benar dan tepat, elektronik bekas performanya tak kalah dengan yang baru. Hanya perlu pembersihan sedikit maka elektronik bekas sudah terlihat menjadi baru lagi. Ada beberapa tips jika Anda ingin memutuskan untuk membeli elektronik bekas antara lain sebagai berikut.

Pertama saat sebelum membeli pikirkanlah secara matang-matang mengenai spesifikasi barang elektronik bekas yang akan dibeli. Jika perlu catatlah spesifikasi tersebut dan bawa ke toko jual beli elektronik bekas. Setelah sampai ke toko tersebut dan mendapatkan elektronik tersebut periksalah dengan baik dan cermat. Cara memeriksa keadaan elektronik yang benar adalah seperti berikut:

  • Sambungkan kabelnya ke colokan listrik dan pastikan arus listrik mengalir dengan baik. Pastikan kabelnya tidak ada yang mengelupas demi kemanan saat digunakan di kediaman Anda.
  • Periksa seluruh tombol pengoperasian yang ada dan lihatlah apakah seluruh tombol berfungsi dengan baik.
  • Pastikan saat dioperasikan tidak menimbulkan bunyi-bunyi aneh. Karena bunyi-bunyi aneh bisa menandakan ada kerusakan di dalam komponen elektronik.
  • Terakhir lihat kondisi bodi elektronik yang akan dibeli. Bodi elektronik yang baik adalah yang masih kuat dan tidak mengalami retak atau pecah.

Setelah itu bandingkan harga elektronik bekas tersebut dengan yang masih baru. Jika harganya tinggi maka cobalah untuk menawar kepada penjual. Tawarlah dengan semurah mungkin tetapi tetap rasional. Namun jika tak boleh ditawar, pikirkan lagi harga elektronik tersebut. Jika selisih harganya tak jauh dengan yang baru, lebih baik beli elektronik yang baru saja. Karena akan rugi jika elektronik bekas tetapi seharga dengan elektronik baru,

Jika barang elektronik di toko jual beli elektronik bekas berhasil Anda beli, jangan lupa meminta garansi pada penjual. Hal ini dimaksudkan bila terjadi kerusakan tiba-tiba pada barang elektronik bekas Anda yang Anda beli. Sebisa mungkin untuk meminta jangka waktu garansi yang sedikit panjang. Demikianlah cara membeli barang elektronik bekas yang tepat agar mendapatkan kualitas baik. Sekian informasi ini dan semoga bermanfaat.
Comments
0 Comments

0 Response to "Tips Membeli Barang di Toko Jual Beli Elektronik Bekas"

Posting Komentar

IBX5A58E07B39304
IBX5A58E07B39304
Diberdayakan oleh Blogger.