Tips Merawat Body Mobil dengan Benar dan Tepat


Body mobil merupakan salah satu bagian yang harus selalu dijaga keutuhannya, karena dari body inilah nilai estetika dan keindahan mobil, untuk pertama kalinya akan dinilai. Tidak hanya itu harga purna jual sebuah mobil sendiri biasanya juga akan dinilai tinggi rendahnya dari kondisi body dalam mobil tersebut. Semakin terjaganya kondisi body mobil, maka akan semakin tinggi pula harga purna jual dari mobil tersebut. Melihat hal tersebutlah, sangatlah wajar jika kini para pemilik mobil selalu menjaga kondisi body mobil mereka secara menyeluruh. Berbagai perawatan dan treatment khusus pun rela untuk mereka lakukan untuk menjaga kondisi dari body mobil agar terlihat lebih cemerlang. Tidak hanya itu bahkan modifikasi secara khusus pun juga akan dilakukan.

Untuk menjaga kondisi dari body mobil, agar tetap cemerlang dan tidak memudar warna cat pada body mobil tersebut, hal utama yang harus Anda perhatikan adalah cara Anda meletakkan ataupun menempatkan mobil tersebut ketika sedang tidak Anda gunakan. Ketika meletakkan mobil ataupun memarkirkannya, hindari untuk meletakkan di tempat yang secara langsung terkena dengan sinar matahari, karena hal tersebut dapat mengakibatkan warna cat mobil semakin lama akan semakin terlihat cepat memudar. Selain itu lapisan pelindung cat pun akan menjadi cepat rusak, jika mobil secara terus menerus terkena paparan sinar matahari secara langsung.


Hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam menjaga kecemerlangan body mobil yang Anda miliki, antara lain adalah:


  • Jika Anda ingin melakukan pencucian mobil secara mandiri, maka akan lebih disarankan bagi Anda mencuci mobil jika memang body mobil tidak dalam keadaan yang panas, ataupun sehabis terkena paparan sinar matahari secara langsung.
  • Gunakanlah shampoo khusus untuk melakukan pencucian mobil dan segera keringkan mobil yang telah dicuci dengan menggunakan lap bertekstur halus seperti kain microfiber.
  • Poleslah body mobil Anda secara berkala minimal 3 bulan sekali untuk menjaga tekstur dari cat mobil tersebut agar tetap berkilau dan tidak mudah memudar.


Apabila mobil telah digunakan dalam keadaan yang hujan ataupun pada medan yang memiliki genangan air, maka segera cuci mobil tersebut secara menyeluruh, terutama pada bagian body luar mobil, hingga kolong-kolongnya, agar nantinya kotoran yang menempel dapat hilang secara langsung. Bekas cipratan air hujan ataupun air menggenang yang kotor, jika tidak segera dibersihkan dapat menimbulkan kerak yang sulit untuk dibersihkan.

Hal lain yang perlu Anda lakukan untuk menjaga kecemerlangan dari body mobil Anda, terutama cat di permukaannya, adalah menghindari untuk mengemudikan mobil, dibelakang kendaraan besar seperti truck ataupun bis dalam jarak yang sangat berdekatan. Hal tersebut penting untuk Anda lakukan, karena secara umum asap pada kendaraan besar mengandung bercak minyak, yang nantinya dapat merusak tekstur cat jika menempel terlalu sering pada bagian body mobil.


Comments
0 Comments

0 Response to "Tips Merawat Body Mobil dengan Benar dan Tepat"

Posting Komentar

IBX5A58E07B39304
IBX5A58E07B39304
Diberdayakan oleh Blogger.