Tips Aman yang Bisa Anda Lakukan Saat Pergi Traveling Sendirian

Melakukan kegiatan traveling atau wisata memang sangat diperlukan bagi orang-orang untuk menghilangkan penat dari aktivitas rutin yang menyita waktu dan tenaga. Umumnya beberapa orang lebih senang melakukan kegiatan traveling secara grup, bersama teman, atau bahkan keluarga. Namun sayangnya ada juga yang lebih menyukai melakukan kegiatan ini sendirian. Traveling sendirian memang akan memberikan banyak keuntungan. Seperti bisa fokus menikmati setiap perjalanan, bisa bertemu dengan orang baru, bisa membuat keputusan sendiri, bisa menghabiskan waktu sendiri, serta bisa merancang tujuan tempat traveling sesuai dengan keinginan sendiri. Meskipun memiliki banyak keuntungan, namun traveling sendirian tidak selamanya aman untuk dilakukan. 
 
 
Saat traveling sendirian semua resiko keamanan harus Anda tanggung sendiri. Berbeda jika Anda traveling bersama teman atau keluarga. Setidaknya ada satu atau dua orang yang akan ikut bersiaga bersama untuk kemungkinan terburuk. Nah, jika Anda tetap ingin berwisata sendirian namun tetap aman, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Tetap berkomunikasi dengan keluarga atau teman.

Hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan saat memutuskan untuk traveling sendirian adalah dengan memastikan selalu memberikan kabar kepada keluarga atau teman dimana Anda berada. Hal ini untuk memudahkan jika terjadi hal buruk yang terjadi. Jika Anda tidak ingin mengabarkan keberadaan Anda, Anda bisa update di akun sosial media Anda dengan menyertakan lokasi keberadaan Anda.

  • Mengumpulkan informasi tempat tujuan traveling terlebih dahulu.

Jika Anda hendak melakukan wisata ke tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu. Hal ini agar Anda bisa mengetahui seberapa aman tempat yang dituju, larangan yang harus dihindari saat berwisata, dlsb. Jika Anda beruntung, Anda juga bisa mendapatkan informasi tempat singgah gratis atau makan gratis. Anda bisa mencari informasi di internet, seperti dari situs blogger para traveler.

  • Merencanakan perjalanan dengan matang.

Penting untuk Anda merencanakan segala sesuatunya dengan matang saat Anda memutuskan untuk traveling sendirian. Anda harus merencanakan tempat tujuan, tempat menginap, transportasi, makanan, perlengkapan yang dibawa, dlsb. Hal ini agar traveling Anda berjalan dengan lancar.

  • Menghindari minuman beralkohol.

Jika Anda memiliki kebiasaan meminum minuman beralkohol saat traveling, maka hindari melakukan kebiasaan ini saat Anda melakukan traveling sendirian. Hal ini karena saat mabuk, Anda akan lebih mudah menjadi target kejahatan. Jikapun Anda terpaksa harus meminum minuman beralkohol, pastikan tidak berlebihan dan masih dalam kondisi mampu untuk kembali ke penginapan tanpa sempoyongan.

  • Menyimpan dokumen penting di tempat yang aman.

Ketika melakukan perjalanan wisata sendirian, pastikan dokumen-dokumen penting, seperti kartu identitas, passport, kartu kredit, kartu ATM, kartu asuransi, dlsb berada di tempat yang aman. Untuk berjaga-jaga menghindari kemungkinan buruk yang terjadi, lakukan scan dokumen-dokumen penting tersebut dan simpan di dalam email Anda.
Comments
0 Comments

0 Response to "Tips Aman yang Bisa Anda Lakukan Saat Pergi Traveling Sendirian"

Posting Komentar

IBX5A58E07B39304
IBX5A58E07B39304
Diberdayakan oleh Blogger.