Anak Bisa Dididik Jadi Pengusaha Sedari Kecil Lewat Cara Ini!

Berbisnis kini banyak menjadi pilihan bagi anak muda dibandingkan harus melamar ke perusahaan lain terutama dengan nilai dan pendidikan yang pas-pasan. Walaupun banyak yang mengatakan mudah, namun dalam prosesnya dibutuhkan banyak hal dan caranya tidak mudah. Karena hal tersebut, tidak sedikit yang akhirnya mengajarkan pada anaknya mengenai bisnis atau usaha sedini mungkin. Ada manfaat mengajarkan ke anak mengenai bisnis atau usaha terutama jenis usaha yang Anda lakukan saat ini. 
 
 
Manfaat pertama adalah mengajarkan pada anak mengenai managemen keuangan yang baik. Walaupun tugas anak adalah bermain dan belajar hingga saat dia sudah mampu bertanggung jawab dengan baik, dengan mengajarkan anak mengenai usaha atau bisnis, Anda bisa sedikit demi sedikit mengajarkan ke anak mengenai cara managemen yang baik tidak hanya dalam usaha namun juga dalam perilaku. Misalnya mengelola keuangan yang baik lewat cara memanfaatkan uang saku yang diberikan per hari atau per bulannya.

Kedua adalah mengajarkan mengenai kedisiplinan. Agar dalam bisnis atau usaha yang dibangun tersebut berhasil, maka mau tidak mau Anda harus memiliki kedisiplinan yang tinggi dan hal tersebut bisa Anda tanamkan pada diri anak Anda sedari kecil. Anda bisa memulai dengan cara membiasakan anak untuk teratur dalam belajar seperti tidak boleh menggunakan gadget selain di jam yang sudah ditentukan, bisa bermain jika pekerjaan rumah sudah selesai, tepat waktu sholatnya atau yang lainnya. Dengan kedisiplinan tersebut, membuat anak nantinya bisa mengatur diri sendiri dan berusaha dengan baik untuk melakukan bisnis dengan gigih.

Ketiga adalah mengajarkan pada anak pentingnya menghargai sesuatu. Dalam berbisnis, kata-kata time is money menjadi salah satu andalan dan dasar. Anak-anak tidak hanya bisa menghargai uang yang ia peroleh per harinya, sehingga tidak dengan mudah menghambur-hamburkan uang untuk sesuatu yang kurang bermanfaat, namun juga bisa menghargai yang lainnya. Seperti menghargai orang lain terutama orang yang membantu Anda lewat usaha karyawan Anda untuk bekerja, menghargai setiap keputusan karena keputusan tersebut pasti memiliki resiko sendiri-sendiri dan yang lainnya.

Manfaat lain yang bisa diperoleh anak lewat usaha atau bisnis yang Anda perkenalkan sejak dini adalah:

  • Mengajarkan pada anak mengenai sifat tidak kenal menyerah, bekerja keras dan gigih. Untuk mencapai sesuatu, seperti besar laba yang ingin diperoleh, maka Anda harus lebih berusaha lagi dan walaupun hasil yang dicapai tidak maksimal bahkan merugi, Anda tetap mencoba lagi. Sikap dan sifat tersebut bisa anak liat dan akhirnya ia tanamkan sendiri.
  • Mengajarkan anak mengenai rasa tanggung jawab. Anda bisa memulai lewat tanggung jawab anak atas mainan yang dimiliki misalnya harus dijaga dengan baik.
  • Mengajarkan anak tentang kesabaran dan sportifitas atau persaingan sehat untuk mendapatkan sesuatu.
Comments
0 Comments

0 Response to "Anak Bisa Dididik Jadi Pengusaha Sedari Kecil Lewat Cara Ini!"

Posting Komentar

IBX5A58E07B39304
IBX5A58E07B39304
Diberdayakan oleh Blogger.