Tips Perawatan Printer yang Tepat Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Printer merupakan salah satu perlengkapan penting yang digunakan saat kita bekerja. Teknologi yang satu ini biasa digunakan berdampingan dengan penggunaan komputer. Printer sangat berguna untuk memudahkan proses mencetak data maupun gambar. Bagi mahasiswa maupun pekerja kantoran, peran printer tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga merawatnya dengan baik dan benar harus dilakukan dengan baik dan benar agar bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama. 
 
 
Printer saat ini mengalami kemajuan yang semakin pesat. Seperti yang bisa kita lihat, berbagai printer memiliki keunggulan-keunggulan yang mumpuni, dari yang bisa digunakan untuk mencetak jarak jauh, dilengkapi dengan Wifi, bisa disambungkan langsung dari smartphone android, bisa untuk scan dokumen dan berbagai keunggulan lainnya. Meski secanggih apapun, printer yang tidak dirawat tentu akan lebih rentan mengalami kerusakan. Jika hal ini dijadikan kebiasaan, tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat Anda sudah harus melakukan servis atau bahkan membeli printer yang baru. Daripada membuang uang dengan percuma, merawat printer dengan sebaik-baiknya tentu menjadi pilihan yang bijak. Untuk itu berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat printer yang Anda miliki:

  • Hindari tidak menggunakan printer sama sekali.

Sedikit informasi, printer yang tidak pernah digunakan justru akan membuatnya menjadi lebih cepat rusak. Daripada tidak digunakan sama sekali, lebih baik Anda menggunakan printer secara berkala. Printer yang digunakan secara berkala akan lebih awet dan tahan lama. Terutama jika Anda memiliki printer inkjet, jika tidak digunakan sama sekali akan menyebabkan tinta pada head cartridge menjadi kering. Hal inilah yang menyebabkan proses mencetak menjadi terhambat.

  • Rutin membersihkan printer.

Agar produk teknologi yang satu ini lebih awet, lakukan perawatan kebersihan dengan rutin. Bersihkan printer dari debu dan kotoran yang menempel. Jangan menunggu sampai printer terlihat kumal dengan debu dan kotoran dulu baru membersihkan. Karena hal ini bisa saja mempengaruhi kinerja printer saat digunakan.

  • Print dengan kertas yang tepat.

Pastikan kertas yang Anda gunakan sesuai dengan spesifikasi printer yang Anda miliki. Pilihlah kertas yang tidak terlalu tebal, namun juga tidak terlalu tipis. Hindari menggunakan kertas yang mudah kusut karena akan membuat printer macet saat digunakan.

  • Tidak membiarkan tinta printer dalam keadaan kosong.

Jangan menunggu sampai tinta cartridge pada printer Anda kosong. Saat masih tersedia sedikit tinta cartridge, lakukan pengisian ulang segera. Tinta yang kosong bisa menyebabkan head cartridge tersumbat.

  • Menghindari menyentuh cartridge dengan tangan.

Chip cartridge yang tersentuh langsung oleh tangan bisa membuat kerusakan pada alat tersebut. Karena aliran listrik statis dan komponen tersebut akan terganggu.

  • Hindari mencetak secara berlebihan.

Saat menggunakan teknologi yang satu ini sebaiknya jangan berlebihan. Hindari mencetak terlalu banyak dalam satu waktu. Sebaiknya matikan dan istirahatkan sejenak, baru Anda pergunakan kembali untuk mencetak.
Comments
0 Comments

0 Response to "Tips Perawatan Printer yang Tepat Agar Tetap Awet dan Tahan Lama"

Posting Komentar

IBX5A58E07B39304
IBX5A58E07B39304
Diberdayakan oleh Blogger.