Tips Merawat Aki Mobil Anda dengan Baik Agar Tidak Tekor

Aki pada mobil memiliki peranan yang cukup penting dalam lajunya sebuah kendaraan bermotor. Selain berfungsi sebagai penghasil arus listrik dalam mobil yang Anda miliki, aki juga menjadi komponen penting yang mempengaruhi sistem kerja dari berbagai part yang terdapat dalam mobil yang Anda gunakan. Pengaruh negatif inilah, yang nantinya akan membawa ketidak nyaman dalam diri para pengguna kendaraan roda empat tersebut. Lalu bagaimanakah cara untuk dapat menjaga kinerja dari aki mobil agar dapat berjalan dengan prima dan tidak cepat mengalami masalah terutama permasalahan tekor daya? Berikut ini bahasan mengenai cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kinerja dari aki mobil tersebut
 

  • Meneliti beban atas penggunaan aki mobil Anda

Melakukan pengecekan atas beban yang diberikan kepada aki secara berkala merupakan salah satu sistem terbaik untuk dapat menjaga kondisi prima dari aki mobil yang Anda miliki. pastikan bahwa berbagai komponen yang Anda pasangkan dalam mobil Anda, tidak memberikan beban yang melebihi kapasitas daya dari aki mobil tersebut. Kelebihan dalam penggunaan daya aki inilah, yang nantinya dapat menyebabkan aki menjadi cepat tekor. Anda dapat melakukan pengecekan berkala untuk beban penggunaan aki ini pada bengkel-bengkel terpercaya yang ada disekitar wilayah Anda.

  • Rajin membersihkan bagian terminal pada aki

Terminal pada aki merupakan bagian yang berfungsi sebagai sebuah konektor ataupun penghubung aki dengan panel yang terdapat dalam mobil Anda dan berfungsi sebagai penghantar arus listrik. Bagian terminal pada aki ini biasanya akan lebih sering tertutup dengan debu, yang dapat menghambat aliran arus listrik menuju berbagai komponen dalam mobil. Aliran listrik yang terhambat inilah, yang nantinya akan dapat merusak sistem kerja dari aki dan komponen pada mobil Anda. Membersihkan debu yang menempel pada bagian terminal aki secara berkala, akan lebih disarankan untuk Anda lakukan.

  • Melakukan pemanasan pada mobil secara rutin

Memanaskan mesin mobil secara rutin, meskipun mobil sedang tidak digunakan merupakan cara terbaik untuk menjaga kondisi dari aki mobil tersebut. Lakukan pemanasan minimal 5 sampai dengan 10 menit untuk menjaga kondisi dari aki agar tidak mudah soak. Selain melakukan pemanasan, Anda akan disarankan untuk melepas aki dari panel mobil, ketika Anda tidak menggunakan mobil tersebut dalam jangka waktu yang lama, agar nantinya arus listrik tidak tersedot secara percuma.

Selain hal tersebut diatas, yang harus Anda perhatikan dalam merawat aki mobil yang Anda miliki adalah menjaga ketersediaan arus listrik dalam aki dengan baik. Apabila indikator pada aki menunjukkan daya listrik dalam aki mulai melemah, maka segera lakukan pengecasan ulang dan jangan sampai menunggu daya listrik benar-benar habis, karena hal tersebut dapat berakibat buruk pada kondisi aki mobil Anda.
Comments
0 Comments

0 Response to "Tips Merawat Aki Mobil Anda dengan Baik Agar Tidak Tekor"

Posting Komentar

IBX5A58E07B39304
IBX5A58E07B39304
Diberdayakan oleh Blogger.