Inilah Kesalahan Finance dalam Usaha UMKM yang Perlu Anda Hindari

UMKM merupakan salah satu bentuk usaha unit kecil yang sudah banyak sekali dilakukan masyarakat dalam setiap daerah. Beberapa dari mereka yang mampu melakukan secara tepat secara otomatis akan memberikan keuntungan yang besar pula. Inilah yang sering kali menimbulkan minat orang lain untuk memulai hal yang sama. Meskipun termasuk dalam usaha kecil tetapi tetap perlu adanya strategi yang tepat supaya memberikan hasil yang cukup maksimal. Tanpa adanya pengetahuan yang tepat pasti akan mengalami kesulitan untuk bisa masuk ke pasaran


Dari banyaknya hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam memulai usaha, keuangan mempunyai tingkatan yang sangat riskan. Jika salah saja melakukan pengaturan pasti akan berdampak pada eksistensi usaha Anda. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang sering kali menjadi kesalahan para pengusaha kecil dalam mengatur keuangannya yaitu:

  • Mematok harga tinggi produk.

UMKM merupakan bisnis unit kecil yang belum banyak diketahui oleh masyarakatnya, secara otomatis perlu adanya perkenalan diawal supaya Anda bisa lebih mudah masuk ke pasaran. Mematok harga tinggi pada sebuah barang hasil produksi mereka merupakan sesuatu yang salah. Jangan hanya terlalu bernafsu dengan keuntungan saja tetapi juga perlu mempertimbangkan masyarakat sebagai penerima produk.

  • Tidak membuat kas keluar masuk.

Selanjutnya adalah tidak membuat laporan mengenai kas keluar masuk dari usaha tersebut. Secara otomatis hal ini akan berdampak pada pembukuan Anda yang kurang terkontrol. Meskipun hanya kelas usaha kecil tetapi mencatat segala laporan uang masuk dan keluar itu sangat penting, apalagi membedakan antara uang pribadi dan juga usaha.

  • Tidak membuat pembukuan.

Karena memang usaha kecil masih banyak orang yang hanya menghitung dari laba setiap penjualan. Bahkan mereka tidak mengerti bagaimana caranya untuk menyusun pembukuan yang tepat. Secara otomatis hal itu akan berakibat pada kondisi keuangan Anda yang kurang dapat terkontrol dengan baik.

  • Tidak membedakan uang pribadi dan usaha.

Kesalahan berikutnya adalah tidak bisa membedakan uang yang akan Anda gunakan secara pribadi, keuntungan ataupun uang operasional perusahaan. Secara otomatis kesalahan ini akan membuat kondisi keuangan Anda tidak beraturan. Bisa saja uang usaha masuk dan dipakai untuk urusan pribadi ataupun sebaliknya.

  • Tidak bisa memanage keuangan baik.

Setiap pengusaha seharusnya bisa mengetahui kapan harus dikecilkan pengeluarannya dan harus diperbesar. Ini merupakan kondisi dimana usaha Anda akan tetap berada dalam kondisi yang stabil.

Itulah kelima hal yang sering kali dilupakan oleh masyarakat pemula dalam melakukan sebuah bisnis usaha. Sekecil apapun usaha yang Anda lakukan tetap harus ada pengaturan yang tepat, apalagi dalam hal keuangan, Karena itu merupakan salah satu hal yang paling dasar serta mempengaruhi kondisi usaha Anda. Jangan pernah sepelekan pengaturan uang dalam usaha karena bisa menjadi penghambat kemajuan usaha Anda.
Comments
0 Comments

0 Response to "Inilah Kesalahan Finance dalam Usaha UMKM yang Perlu Anda Hindari"

Posting Komentar

IBX5A58E07B39304
IBX5A58E07B39304
Diberdayakan oleh Blogger.