Trik Keuangan Sehat untuk Hadapi Momen Lebaran

Ramadhan sudah terlewati beberapa hari. Lebaran pun sudah tinggal menunggu hari saja datangnya. Tentu Anda wajib mempersiapkan segala hal dimana kebutuhan saat lebaran memang cenderung meningkat. Selain kebutuhan yang kian besar, harga bahan pokok dan segala hal juga cenderung naik sehingga keuangan pun juga wajib untuk dipastikan. Namun banyak juga yang menjadikan momen Lebaran ini waktu untuk membuang uang karena pemborosan.


Keceriaan saat Lebaran tiba memang hal yang umum terjadi. Meski demikian hal ini kadang tidak sesuai dengan pengaturan keuangan yang baik. Akibatnya setelah Lebaran usai justru uang ludes dan habis terpakai. Untuk yang umum dilakukan yakni aktivitas belanja yang tak bijak. Ketika memiliki uang lebih, memang sangat umum sekali jika Anda pun terdorong untuk bisa belanja semau Anda. Dengan demikian benda yang sebetulnya tak perlu pun kerapkali dianggap perlu. Selain itu gengsi besar menjadi salah satu sikap yang sangat buruk dimiliki. 
 
Lebaran adalah saat dimana kebanyakan orang kemudian bergaya meski harus dengan hutang agar bisa terlihat sukses di depan banyak orang dan keluarga. Namun hal tersebut sebetulnya sangat buruk dilakukan karena jadi faktor terbesar yang mampu menjadikan keuangan pun hancur lebur. Oleh karena itu, demi pengaturan keuangan yang bijak, maka ada baiknya jika bisa menggunakan beberapa trik berikut ini demi hadapi masa Lebaran:

  • Buat catatan kebutuhan

Cara pertama adalah dengan membuat catatan terkait kebutuhan Anda. Catatan kebutuhan ini akan bisa membantu Anda untuk mereka-reka kebutuhan Anda. Selain itu dengan catatan, maka Anda juga akan bisa lebih mudah untuk berlaku disiplin terhadap apa yang ingin Anda beli nantinya. Biasanya orang cenderung boros adalah karena tidak ada catatan yang bisa dijadikan pedoman sehingga segala barang seolah dibutuhkan, padahal tidak.

  • Tidak usah berlebihan

Segala yang berlebihan pastilah tidak baik. Ya, kalimat tersebut memang benar. Jangan kira berlebihan di sini berarti hanya bermakna berlebihan dalam baju lebaran saja, namun sebetulnya seluruhnya. Jangan berlebihan dalam membeli kue lebaran, membeli pakaian lebaran, dan segalanya. Alasannya karena belanja berlebihan akibatkan pemborosan.

  • Tidak perlu gengsi

Gengsi seolah mendarah daging sekali di Indonesia. Padahal gengsi menjadi sikap yang sebetulnya amat sangat menjerumuskan. Untuk itu sebisa mungkin hindari gengsi dan jadilah diri apa adanya. Tak usah ingin dipandang keren di hadapan orang lain karena hal ini justru tidak baik.

Itulah beberapa trik yang bisa jadi pedoman untuk menghadapi lebaran yang sebentar lagi datang. Pastikan untuk mencatat semua pengeluaran yang Anda lakukan sehingga bisa lebih mudah dalam mengevaluasi keuangan Anda nantinya sehingga pengaturan juga lebih bijak.
Comments
0 Comments

0 Response to "Trik Keuangan Sehat untuk Hadapi Momen Lebaran"

Posting Komentar

IBX5A58E07B39304
IBX5A58E07B39304
Diberdayakan oleh Blogger.