Tips dalam Menjalankan Usaha Jual Spare Part Mobil

Saat ini bisnis jual spare part mobil sudah makin marak menghiasi kancah industri otomotif di Indonesia. Para pebisnis suku cadang mobil saling berkompetisi untuk bisa meneguk keuntungan besar dari usaha mereka. Melakukan jenis bisnis suku cadang ini memang sangat diminati salah satu faktornya karena kebutuhan permodalan yang dibutuhkan tidak sebesar bila menjalankan bisnis jual beli kendaraan atau membuka showroom mobil.


Untuk menjalankan bisnis jual beli spare part ini memang tidak dibebani dengan kebutuhan modal awal yang besar, namun tetap saja untuk bisa mendapatkan peluang dan keuntungan dari jenis bisnis suku cadang mobil ini dibutuhkan keseriusan dan ketekunan serta pemahaman strategi penjualan yang tepat. Dan tentunya banyak persiapan yang harus Anda lakukan bila berniat untuk memulai jenis bisnis jual spare part mobil ini.

Agar Anda memiliki tambahan wawasan serta referensi untuk kesiapan menjalankan strategi penjualan suku cadang mobil ini, berikut beberapa tips untuk persiapan menjalankan bisnis jual suku cadang mobil yang penting untuk Anda ketahui, yaitu:

  • Tentukan spesialisasi produk suku cadang yang akan dijual.

Langkah pertama untuk memulai usaha ini adalah cari tahu tentang produk suku cadang merek mobil apa yang akan menjadi kekhususan bisnis penjualan spare part mobil Anda.

  • Pelajari peluang dan informasi produk.

Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang kompetitor usaha sejenis, informasi harga pasaran produk dan juga informasi tentang keagenan atau distributor penyuplai produk.

  • Jalin kerjasama dengan pihak keagenan atau distributor produk.

Jalin lah kerjasama dengan para distributor yang terpercaya yang bisa memberikan harga dasar yang murah dan sistem keagenan yang bersifat mutualism.

  • Kesiapan modal.

Modal untuk usaha ini memang dibutuhkan dan Anda bisa memikirkan banyak cara untuk dapat memiliki sejumlah dana awal agar bisa memulai usaha ini dengan membeli stok produk dari keagenan yang Anda percayai.

  • Pemahaman produk.

Anda wajib mempelajari tentang produk suku cadang yang akan Anda jual sehingga proses jual beli yang terjadi akan dapat dijalani dengan baik dan hal ini akan mempererat hubungan baik antara Anda dan para konsumen.

  • Persiapkan lokasi usaha.

Lokasi usaha bisa dibuat dalam bentuk toko, atau menumpang di showroom atau bengkel mobil yang sudah dikenal masyarakat. Jalin kerjasama yang baik dengan pihak bengkel sehingga terjalin hubungan yang saling menguntungkan antara Anda dan pihak bengkel.

  • Langkah promosi.

Selain penjualan secara langsung dan promosi lapangan melalui spanduk ataupun palang nama dan brosur produk, saat ini pemanfaatan lahan dunia maya sebagai ladang promosi harus Anda ambil peluangnya. Bila modal memungkinkan, buatlah website usaha yang berdiri sendiri dan menjual. Namun bila belum memungkinkan, Anda bisa memanfaatkan fasilitas blog gratis seperti BlogSpot atau word press sebagai modal dasar website Anda.

Langkah pengembangan website usaha bisa dilakukan seiring berjalannya usaha kedepan. Selain itu, manfaatkanlah pertemanan yang Anda miliki di media sosial, seperti facebook, twitter, instagram, BBM dan sejenisnya untuk menjadi lahan promosi produk dan tempat usaha Anda di internet. Bisa juga Anda promosikan salah satu atau beberapa produk yang Anda jual di website jual-beli atau website pengiklan yang sudah ada di internet yang tentunya bisa Anda ikuti dengan tanpa biaya alias gratis.

Demikian beberapa tips menjalankan usaha jual spare part mobil yang bisa mulai Anda persiapkan jika memang Anda benar-benar serius untuk menjalankan jenis usaha penjualan spare part ini.
Comments
0 Comments

0 Response to "Tips dalam Menjalankan Usaha Jual Spare Part Mobil"

Posting Komentar

IBX5A58E07B39304
IBX5A58E07B39304
Diberdayakan oleh Blogger.