Menilik Peluang Usaha Jual Beli Spare Part Mobil yang Menarik

Saat ini populasi kendaraan bermotor roda empat sudah begitu banyaknya merajai jalanan ibukota. Hal ini tentunya merupakan peluang yang sangat besar bagi para pelaku usaha di bidang otomotif untuk menjalankan dan memperbesar bidang usahanya. Salah satu dari bisnis di bidang otomotif yang memiliki peluang menjanjikan adalah usaha jual beli spare part mobil.


Setiap kendaraan roda empat tentunya membutuhkan perawatan rutin yang harus dilakukan secara kontinyu oleh sang pemilik kendaraan. Salah satu bentuk perawatan yang perlu dilakukan adalah penggantian spare part tertentu secara berkala. Banyak di antara spare part yang perlu dirawat dan diganti seperti kampas rem, busi, kopling, saringan bensin dan oli, dan masih banyak lagi jenis spare part mobil lainnya, dimana jenis-jenis spare part mobil ini memang memiliki usia pemakaian yang terbatas. Dan karena peralatan ini sifatnya adalah pokok untuk performa mesin mobil agar bisa tetap bekerja secara sempurna, maka sudah dapat dipastikan bahwa spare part ini sangatlah dibutuhkan keberadaannya.

Bagi Anda yang berminat menjalankan bisnis jual beli spare part mobil ini, maka sebaiknya Anda mengenal lebih dalam prospek dan juga persiapan dalam memulai bisnis ini. Beberapa hal yang patut diperhatikan dan dipersiapkan dalam memulai usaha bidang otomotif yang satu ini adalah:

  • Kesiapan modal usaha

Usaha jual beli spare part kendaraan roda empat adalah termasuk bisnis level menengah ke atas. Sudah barang tentu dibutuhkan kesiapan modal awal yang tidak sedikit. Modal dibutuhkan untuk biaya sewa lokasi usaha, dan juga saat Anda mulai melakukan stok barang atau spare part mobil yang sudah pasti tidak murah harganya.

  • Pemilihan lokasi usaha yang tepat

Pemilihan lokasi sebaiknya adalah tempat yang aksesibilitas bagus dan lahannya memadai. Minimal Anda harus menyediakan lokasi usaha yang dapat menampung sekitar 1 hingga 2 buah mobil di dalamnya. Anda juga bisa membuka usaha spare part mobil ini dengan menjalin kerjasama untuk membuka usaha bersama pengusaha bidang otomotif lain yang sudah berjalan dan memiliki lokasi usaha yang memadai misalkan bengkel mobil dan sejenisnya. Dan tentunya langkah kedua ini dapat membantu Anda menghemat modal usaha.

  • Menyediakan tim support

Bila Anda bukan orang yang ahli dan piawai di bidang spare part mobil, maka ada baiknya jika Anda mulai melakukan perekrutan karyawan yang akan menjadi tim support usaha Anda. Jumlah rekrutan tentunya tergantung pada seberapa besar usaha jual beli spare part ini Anda jalankan.

  • Persiapan penyediaan stok barang

Setelah lokasi usaha dan karyawan Anda siap, maka kini saatnya Anda melakukan pembelian dan penyediaan stok barang yaitu spare part mobil. Karena jenis dan model spare part ini sangat banyak sesuai kebutuhan masing-masing merek mobil, maka Anda harus mulai fokus untuk memutuskan brand produk mana yang akan Anda geluti. Sebaiknya pilihlah brand yang Anda kuasai dan kenal secara mendalam, atau memiliki hubungan dengan usaha sejenis yang bekerjasama dengan Anda. Misalkan Anda bekerjasama dengan bengkel Toyota, maka sediakanlah produk spare part dari merek mobil tersebut sehingga sasaran pasar Anda akan makin terarah.

  • Perencanaan kegiatan penjualan dan promosi

Terakhir, buatlah perencanaan pemasaran yang efektif agar usaha Anda ini mudah dikenal pasar. Ciptakanlah promosi yang tepat sasaran agar usaha jual beli spare part mobil Anda dapat cepat dikenal dan bisa berjalan dengan lancar.
Comments
0 Comments

0 Response to "Menilik Peluang Usaha Jual Beli Spare Part Mobil yang Menarik"

Posting Komentar

IBX5A58E07B39304
IBX5A58E07B39304
Diberdayakan oleh Blogger.