Tips Membersihkan Lensa Nikon Agar Bebas dari Kotoran dan Jamur

Kamera digunakan tidak hanya untuk mengambil gambar dan mengabadikannya dalam bentuk foto namun juga video. Terdapat beberapa jenis merek kamera dan salah satunya adalah Nikon. Agar dapat digunakan dengan maksimal, maka Anda harus melakukan perawatan misalnya membersihkan bagian di kamera terutama lensa karena lensa yang kotor akan mempengaruhi hasil bidikan yang diambil. Terdapat beberapa tips untuk membersihkan lensa Nikon agar bebas dari kotoran dan jamur.


Cara yang terbaik untuk membersihkan lensa sesuai dengan jawaban yang pernah diberikan di situs Nikon adalah dengan mempergunakan tisu dan sedikit cairan pembersih yang khusus digunakan untuk lensa. Hindari untuk menggunakan cairan yang lain karena dapat membuat abrasi atau dapat melarutkan pelindung kaca lensa. Sebelum Anda membersihkannya, siapkan lebih dahulu sikat blowe kecil, lap khusus dan cairan pembersih. Bersihkan debu dengan menggunakan lap dan cairan pembersih agar debu tidak menggores lensa.

Setelah lensa bersih dari debu, langkah selanjutnya adalah dengan meneteskan 1-2 tetes cairan pembersih khusus lensa dengan menggunakan tisu yang berkualitas yang memiliki serat halus. Putar tisu yang sudah ditetesi cairan pembersih tersebut secara melingkar dari arah dalam ke luar. Jika lensa berkabut, hindari untuk meniup dengan menggunakan mulut untuk menghilangkan jentik air karena asam yang terkandung pada uap nafas dapat merusak pelapis lensa. Jika sudah dibersihkan, gunakan spray brush untuk mengeringkannya. Cek dengan menggunakan senter apakah masih ada debu yang menempel atau tidak.

Menurut Daniel Lachman, untuk membersihkan lensa Nikon, hindari untuk menyentuh lensanya langsung jika dalam kondisi tidak sangat diperlukan. Hal tersebut dikarenakan lensa dengan pelapis sangat rentan tergores. Jika lensa kotor, misalnya karena debu, percikan air laut atuapun air, bersihkan terlebih dahulu bagian yang kotor dengan menggunakan semprotan debu kecil yang bertujuan untuk meniup partikel. Agar kotoran jatuh kebawah, saat membersihkannya posisikan lensa ke arah bawah.

Penggunaan tisu ataupun kain microfiber menurut Daniel Lachman, aman jika digunakan pada awalnya atau tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jika terlalu sering menggunakannya dapat membuat permukaan kaca lensa rusak secara perlahan dan jika dibiarkan akan terkikis. Hindari juga untuk menggunakan sikat debu yang biasanya digunakan untuk membersihkan body kamera karena mungkin saja sikat sudah terkontaminasi dengan minyak yang akan dapat mempengaruhi kualitas lensa.

Sedangkan untuk membersihkan jamur pada lensa Nikon, cara yang dapat dilakukan tergantung dari jenis atau kategori jamur yang menempel pada lensa. Caranya yaitu:
  • Jamur ringan yang berada di luar lensa bagian depan ataupun belakang yang dapat dijangkau atau dibersihkan tanpa Anda harus membongkar lensa kamera. Cara membersihkannya yaitu:
  • Gunakan cairan pembersih lensa dan kain paling lembut atau kain khusus lalu gosokkan perlahan ke bagian optik lensa dan hindari untuk menggosoknya terlalu keras agar lensa tidak baret.
  • Ulangi jika masih ada jamur yang menempel.
  • Gunakan tisu lensa untuk finishing agar debu, lembab bekas goresan tangan dan minyak dapat terangkat dan lensa bersih kembali.

Jamur berat yang berukuran besar dan menutupi hampir atau keseluruhan dari optik lensa. Umumnya, posisi jamur berada di bagian dalam yang tidak mudah untuk dibersihkan dan butuh pembongkaran lensa. Terdapat beberapa cara diantaranya yaitu:
  • Penyinaran UV dengan meletakkan lensa di tempat kering dan menghadap ke jendela yang mendapat sinar matahari langsung dan pasang penutup belakang lensa atau caps.
  • Alkohol 70% dan cotton bud.
Comments
0 Comments

0 Response to "Tips Membersihkan Lensa Nikon Agar Bebas dari Kotoran dan Jamur"

Posting Komentar

IBX5A58E07B39304
IBX5A58E07B39304
Diberdayakan oleh Blogger.