Tips Cerdas untuk Merawat AC Mobil Anda Agar Selalu Dingin

AC atau pendingin pada mobil memang merupakan bagian atau komponen mobil yang paling penting untuk selalu dirawat, terutama jika Anda tinggal di Jakarta yang udaranya cenderung selalu dan lebih panas. Selain itu, di kota besar tersebut juga terdapat banyak sekali polusi udara yang dapat mengganggu pernapasan Anda jika tidak menggunakan AC pada mobil Anda. Selain itu, jika komponen tersebut mengeluarkan udara yang selalu dingin, maka pastinya Anda dan keluarga akan merasa lebih nyaman saat menaiki kendaraan roda empat tersebut. Namun, komponen ini lebih rentan rusak dibanding dengan yang lainnya. Untuk itu, Anda harus menjaga dan merawatnya dengan baik. Berikut ini adalah beberapa tips cerdas yang bisa Anda terapkan untuk menjaga agar AC pada mobil infokendaraan.net Anda selalu mengeluarkan udara yang dingin:


1. Jaga Tekanan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan agar AC selalu dingin adalah dengan selalu menjaga tekanan pendinginnya. Hal ini bisa Anda lakukan dengan menjalankan komponen tersebut dalam mode yang paling dingin dan kecepatan putaran kipas ke paling cepat. Terapkan hal ini selama setidaknya 10 menit pada kurun waktu sekali dalam sebulan. Dengan menerapkan hal ini, pastinya akan mencegah selang menjadi mengeras dan mencegah bagian sil yang cepat rusak. Selain itu, pastinya udara yang dikeluarkan akan selalu dingin.

2. Kebersihan

Tips cerdas kedua yang dapat membuat AC mobil Anda selalu mengeluarkan udara yang dingin adalah dengan menjaga kebersihannya. Hal ini dikarenakan debu dan kotoran dapat menutup sebagian besar dari ventilasinya dan membuat komponen tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik. Alhasil, AC pun jadi tidak dapat mengeluarkan udara yang dingin. Sering-seringlah membersihkan komponen tersebut sebelum debu dan kotoran menumpuk dan membuat pendingin Anda menjadi tidak dapat bekerja secara optimal.

3. Jangan Merokok

Hal lainnya yang dapat membuat pendingin mobil Anda dapat cepat rusak dan tidak dingin adalah karena kebiasaan buruk orang kota sekarang, yakni merokok. Kebiasaan ini nyatanya dapat membuat AC menjadi tidak dingin karena asapnya dapat terhisap ke bagian blower dan akhirnya menempel pada bagian evaporator. Jika tertempel, kotoran tersebut akan mengganggu kinerja dari pendingin mobil. Tidak heran jika AC Anda tidak dingin lagi. Selain dapat mengganggu kinerja pendingin, nyatanya merokok juga tidak baik untuk kesehatan, jadi ada baiknya untuk tidak melakukannya.

4. Tidak Menaruh Pengharum

Pengharum mobil memang banyak digunakan oleh pemilik mobil di Indonesia. Namun, jika ingin menggunakannya, jangan menaruhnya dekat dengan AC Anda. Hal tersebut karena pengharum memiliki zat kimia yang dapat mengendap serta menjadi sarang jamur dan debu untuk evaporatornya. Selain itu, zat kimia tersebut juga dapat membuat AC mengeluarkan udara dengan bau tidak sedap. Jika ingin memakainya, ada baiknya untuk menaruhnya jauh dari pendingin tersebut.
Comments
0 Comments

0 Response to "Tips Cerdas untuk Merawat AC Mobil Anda Agar Selalu Dingin"

Posting Komentar

IBX5A58E07B39304
IBX5A58E07B39304
Diberdayakan oleh Blogger.