Tips Aman Membeli Handphone Secara Online

Dewasa ini, Anda yang sedang berniat untuk membeli ponsel memiliki banyak pilihan untuk melakukannya dengan mudah. Anda bisa langsung membeli dari toko fisik, atau Anda bisa membelinya via toko online handphone. Untuk yang terakhir ini, Anda bahkan bisa membelinya dari mana saja tanpa harus keluar rumah dan hanya mengandalkan jari tangan Anda saja. Namun meskipun sangat praktis dan banyak dimanfaatkan oleh orang-orang di zaman modern ini, toko online yang menjual ponsel ini tak selamanya aman. Apalagi bagi Anda yang sebelumnya belum memiliki pengalaman dalam belanja online. Salah langkah sedikit saja, dan bisa-bisa identitas Anda akan diambil oleh orang lain. Bagaimana pun juga, belanja online, apalagi belanja ponsel di toko online, mengharuskan Anda melindungi diri Anda sendiri.


Secara umumnya, ini langkah-langkah pengamanan yang bisa Anda lakukan jika Anda hendak belanja online, tak hanya ketika membeli ponsel saja:

  • Lakukan transaksi di komputer maupun ponsel pribadi, bukan di komputer warnet. Ini mencegah ada yang menyalahgunakan data yang Anda tinggalkan.
  • Selalu gunakan incognito mode di browser ketika Anda akan melakukan transaksi, sehingga tak ada data yang tersimpan tak sengaja.
  • Pastikan bahwa situs belanja tersebut menggunakan sistem pengamanan seperti SSL, yang bisa terlihat dari alamatnya yang dimulai dengan https:// dan memiliki tanda kunci atau gembok di sampingnya.
  • Pakailah koneksi internet yang terjamin keamanannya, jangan menggunakan Wi-Fi milik publik yang gampang di-hack.

Itu adalah beberapa langkah keamanan dasar yang perlu Anda lakukan saat akan belanja di toko online handphone. Ini tak hanya berlaku untuk belanja gadget saja, tapi langkah keamanan yang sangat mendasar di atas harus Anda lakukan setiap kali Anda belanja online. Karena kalau Anda tidak menjaga diri Anda sendiri, maka identitas Anda akan dengan gampang dicuri, demikian juga dengan informasi bank Anda.

Selain langkah keamanan di atas, selanjutnya Anda juga harus memperhatikan hal berikut ini saat belanja ponsel online:

  • Ketahui pasti versi ponsel
Setiap ponsel yang dirilis oleh sebuah vendor memiliki beberapa versi yang hanya beredar di negara tertentu saja, dengan spesifikasi yang juga berbeda. Kalau Anda melihat bahwa versi ponsel yang keluar di Amerika sesuai dengan keinginan, jangan langsung terburu nafsu membeli. Bisa jadi, versi Indonesia yang beredar tak memiliki fitur yang sama.

  • Resmi atau tidak
Karena ada banyaknya versi ponsel dengan nama yang mirip atau bahkan sama, kadang jadi sulit mengetahui apakah ponsel yang beredar tersebut resmi atau barang selundupan. Hati-hati, kalau ponsel belum dirilis resmi di Indonesia, bisa jadi ini masih barang black market.

  • Jangan percaya harga terlalu murah
Kalau ponsel yang harga normalnya ada di kisaran Rp7 juta ke atas dijual dengan harga Rp1-2 jutaan saja, Anda harus curiga. Bisa saja ada cacat, bisa juga ini barang palsu, atau barang selundupan.

  • Periksa syarat dan ketentuan pengembalian
Kadang kala, pesanan handphone Anda yang dibeli online bisa cacat atau kurang lengkap aksesorisnya (earphone, buku panduan, dll). Makanya, selalu periksa syarat pengembalian dan pengaduan agar Anda bisa protes.

Belanja di toko online handphone boleh saja Anda lakukan, bahkan sekarang ini mungkin sudah menjadi hal yang semakin normal di kalangan masyarakat kota. Namun ingatlah, membeli ponsel di tempat seperti ini memiliki resiko yang juga tak kecil. Anda harus bisa melindungi diri sendiri, tidak hanya saat membeli, tapi juga setelahnya.
Comments
0 Comments

0 Response to "Tips Aman Membeli Handphone Secara Online"

Posting Komentar

IBX5A58E07B39304
IBX5A58E07B39304
Diberdayakan oleh Blogger.