Tips Memilih Produk Speaker Kendaraan Sesuai Kualitas dan Harga

Speaker mobil merupakan perangkat utama dalam mobil yang berfungsi untuk mengolah suara. Komponennya terdiri dari speaker component split dan coaxial. Sebagai sebuah komponen dari perangkat audio dalam kendaraan, fungsi speaker adalah mengolah sinyal suara yang ada. Selain itu speaker mobil juga menentukan kualitas dari audio dalam mobil Anda. Umumnya speaker bawaan pabrikan mobil memiliki kualitas suara yang standar. Itulah sebabnya banyak pemilik kendaraan yang mengganti speaker standar mobilnya dengan produk speaker aftermarket meskipun harga speaker mobil aftermarket membutuhkan kesiapan budget yang tidak sedikit.


Alasan utama pemilik kendaraan mengganti speaker standarnya dengan speaker aftermarket adalah karena masalah kualitas yang dibawa oleh speaker standar. Umumnya speaker standar memiliki kualitas suara yang rendah dan tidak sesuai seperti yang diharapkan. Umumnya hal ini terjadi karena power yang relatif kecil dan juga penggunaan material speaker yang berkualitas rendah. Speaker standar umumnya tidak memiliki perangkat crossover pasif yang berguna untuk membagi suara, midrange dan juga tweeter. Berbeda dengan speaker aftermarket yang dapat dipilih sesuai dengan kualitas produk, selera pemilik kendaraan juga harga speaker mobil tersebut.

Untuk memilih kualitas speaker mobil aftermarket, Anda sebaiknya mengetahui bagaimana tips memilih sistem untuk audio dan stereo speaker mobil ini. Sistem audio dan stereo mobil kini sangat mudah ditemukan di pasaran otomotif, pada toko audio mobil yang lengkap dengan berbagai jenis variasi speaker dengan fitur canggih sesuai merek yang diusung. Dan sistem audio mobil tak akan lengkap tanpa kehadiran sepasang speaker mobil kualitas paling baik sehingga suara yang dihasilkan jernih yang enak didengar. Berikut ini adalah tips memilih perangkat speaker yang terbaik yang dapat menjadi referensi Anda saat memilih produk speaker mobil, yaitu:

  • Pada prinsipnya, speaker mobil harus sesuai dengan sistem audio stereo mobil Anda. Sensitivitas speaker sangat penting karena amat mempengaruhi kekuatan dan daya suara yang dihasilkan. speaker sensitivitas tinggi diperlukan untuk sistem dengan tenaga rendah, begitu pula sebaliknya. Apabila pemasangannya benar, maka akan memaksimalkan suara yang dihasilkan pada suatu sistem audio mobil.
  • Produk speaker mobil terbagi 2 jenis yaitu speaker jenis full-range/ coaxial dan speaker jenis component/split. Speaker full-range/coaxial adalah jenis speaker dengan fitur yang sederhana namun juga jauh lebih mudah dalam penanganannya. Jika anda mencari speaker yang sangat simpel dan mudah menginstal serta memasangnya, speaker full-range merupakan pilihan pas. Sedangkan speaker dengan jenis component /split jauh lebih kompleks dan rumit pemasangannya karena komponen dibeli dengan cara terpisah namun akan memberikan kualitas suara terbaik dan lebih terdengar nyata. Tentunya kualitas dari speaker audio mobil ini sangat prima, sesuai dengan banderol harganya yang biasanya jauh lebih mahal.
  • Perhitungkanlah besar penerimaan daya speaker mobil Anda. Sistem audio berdaya watt rendah tentunya tidak memerlukan speaker dengan daya listrik yang besar dan sebaliknya jika sistem daya listrik yang tinggi juga memerlukan speaker mobil yang mempunyai penerimaan daya listrik tinggi pula.
  • Bahan pembuat speaker juga sangat berpengaruh terhadap kualitas hasil suara. Midbass kualitas terbaik umumnya terbuat dari bahan polypropylene dan campuran bahan mika yang berfungsi memberikan respon frekuensi yang rendah. Selain itu terdapat juga Jenis speaker lain yang sebagiannya terbuat dari bahan berlapis logam yang juga menghasilkan suara yang berkualitas. Dan lagi-lagi, pengaruh kualitas terhadap harga speaker mobil tentunya amat besar.
Comments
0 Comments

0 Response to "Tips Memilih Produk Speaker Kendaraan Sesuai Kualitas dan Harga"

Posting Komentar

IBX5A58E07B39304
IBX5A58E07B39304
Diberdayakan oleh Blogger.