Stir Mobil Baiknya Dirawat dengan Memperhatikan 4 Trik Ini Agar Selalu Awet

Bagi siapa saja yang memiliki mobil dan kebetulan setiap hari bepergian dengannya, tentu sangat penting memperhatikan komponen stir mobil. Stir pada mobil menjadi komponen penting untuk mengendalikan arah mobil yang dikemudian melaju, baik ke depan, mundur, belok, dan lain sebagainya. Komponen satu ini juga sering dijadikan bagian yang kerap dimodifikasi dengan penambahan sarung yang desainnya tidak monoton. Jika tertarik menambahkan sarung Anda bisa mengecek pilihannya di toko online terpercaya. 

Pemakaian yang rutin dan kebetulan melakukan kesalahan bisa membuat stir pada mobil mudah kotor, dan dijamin akan sangat mengganggu. Noda ini kerap berada di bagian stir arah jam 3 dan juga jam 9 berupa gumpalan kotoran berwarna kehitaman. Bisakah Anda membayangkannya? Noda ini jika dibiarkan memang tidak akan merusak stir dan membuat keamanan menyetir berkurang. Akan tetapi dijamin menghadirkan pemandangan yang mengganggu dan image Anda menjadi jorok. 

Nah, bersihkan stir secara berkala supaya selain terjaga kebersihannya juga memberikan pemandangan yang lebih sedap untuk dipandang. Sayangnya membersihkan komponen stir rupanya tidak bisa dilakukan sembarangan sebab perlu menyesuaikan dengan material stir itu sendiri. Jika memiliki stir yang terlindungi oleh lapisan plastik maka metode pembersihannya akan berbeda dengan material kulit dan lain sebagainya. Cari tahu cara pembersihan yang benar, baik teknik mengelap sampai pemilihan cairan pembersihnya. 

Trik Merawat Stir di Mobil dengan Benar 

Kemudian jangan lupa merawat stir mobil secara teratur untuk menghindari noda membandel dan kerusakan permanen pada komponen satu ini. Perawatan yang bisa diberikan sangat banyak, dan berikut sebagian kecil yang bisa diketahui: 

1. Menjaga kebersihan tangan sebelum mengemudi, 
Sebelum memegang kemudi mobil usahakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu supaya kotoran di tangan tidak berpindah ke stir. Selain itu memastikan kondisi kemudi atau stir ini tetap lembab atau kering (untuk stir kulit), sebab tangan bersih dan dikeringkan dulu. 

2. Menjaga stir tetap dalam kondisi kering, 
Kalau Anda mencuci mobil tentu terbersit keinginan untuk sekalian membersihkan bagian dashboard dan juga stir. Namun usahakan untuk teliti, tidak cocok jika diguyur dengan air cucian body mobil sebab bisa memicu kerusakan. Stir pun bisa jadi eror ketika terkena guyuran air dan bisa pula hanya fisiknya saja yang mengalami kerusakan. Intinya untuk membersihkan kemudi mobil gunakan lap yang dibasahi cairan pembersih khusus. 

3. Memilih tempat parkir yang benar, 
Memarkir mobil memang disarankan tidak sembarangan, jangan asal mencari ruang yang lega untuk menempatkan mobil kesayangan. Usahakan jika memungkinkan pilih tempat yang teduh jika suatu tempat menyediakan parkir di basement pilih parkir disini ketimbang di tengah ruang terbuka. Sebab paparan sinar matahari akan meningkatkan suhu di bagian dalam mobil, otomatis bagian kemudi nantinya lembab dan mudah sekali rusak. 

4. Pastikan produk perawatan yang dibeli sifatnya netral, 
Idealnya membersihkan stir atau kemudi mobil ini memang mempergunakan cairan pembersih khusus, terlebih untuk stir bermaterial kulit. Namun usahakan produk pembersih yang dibeli memiliki sifat netral agar cocok diaplikasikan ke material stir jenis apapun. Sekaligus bisa memperkecil resiko rusak seperti beberapa bagian stir yang terkelupas, bahkan menjadi sangat jelek sekali. Anda tentu perlu berkunjung ke toko terpercaya untuk cover stir mobil berkualitas supaya tahan lama, kalau belanja offline terasa susah menemukan yang pas pertimbangkan belanja online. 

Stir Mobil

Comments
0 Comments

0 Response to "Stir Mobil Baiknya Dirawat dengan Memperhatikan 4 Trik Ini Agar Selalu Awet"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.