5 Solusi Hemat Belanja Perlengkapan Sekolah Anak dengan Cermat

Bagi ibu yang memiliki buah hati di usia sekolah tentu di tahun ajaran baru sudah sibuk menyiapkan perlengkapan sekolah mereka. Anak-anak tentu akan mengalami kendala jika disuruh menyiapkan sendiri perlengkapan yang nantinya harus dibawa ke sekolah. Orangtua sebaiknya menjadi komandan untuk menyiapkannya namun tetap melibatkan anak supaya anak-anak menyukai perlengkapan yang sudah Kita pilih. jika anak tidak dilibatkan bisa jadi tidak sesuai dengan seleranya sehingga marah atau tidak percaya diri. 

Mengenal Perlengkapan Wajib untuk Sekolah Anak 

Ada banyak sekali perlengkapan atau kebutuhan sekolah yang wajib disediakan oleh orangtuanya, supaya aktifitas belajar di sekolah dan di rumah lebih kondusif. Perlengkapan wajib tersebut meliputi alat tulis, mulai dari buku, pensil, penghapus, penggaris, dan sebagainya. Kemudian sediakan pula tas sekolah yang menjadi media menyimpan dan membawa perlengkapan lainnya. Usahakan memilih tas punggung yang lebih aman dan nyaman karena beban bawaan ada di punggung anak. 

Solusi Hemat Belanja Kebutuhan Sekolah Anak 

Belanja kebutuhan sekolah tentu menjadi rutinitas tahunan, kadang sebelum tahun ajaran baru sudah membeli lagi. Supaya berhemat perlu kerja sama antara orangtua dan juga buah hati, usaha yang bisa dilakukan adalah:

1. Membuat daftar inventaris,
Menjelang tahun ajaran baru ada baiknya orangtua melakukan inventaris, yakni mengecek semua perlengkapan ke sekolah si kecil. Cek kondisinya sebab ada beberapa perlengkapan yang masih bisa dipakai sehingga tidak perlu membeli yang baru di tahun ini. 

2. Menyediakan tempat penyimpanan khusus, 
Sediakanlah tempat penyimpanan khusus untuk perlengkapan sekolah yang sudah dibeli dan ajari anak untuk juga menggunakannya. Sehingga sepulang sekolah ataupun seusai belajar buah hati bisa mengembalikan perlengkapan tersebut di tempatnya. Disiplin dalam merapikan semua perlengkapan yang digunakan akan mencegah ada yang hilang. Sekaligus anak-anak terbiasa untuk hidup rapi dan teratur sehingga belajar lebih nyaman. 

3. Mengajari buah hati untuk merawatnya, 
Melibatkan buah hati dalam merawat semua kebutuhan sekolah yang dimilikinya perlu dilakukan sejak dini. Sehingga anak mengenal perlengkapan mana yang dirasa paling penting dan dibutuhkan. Sekaligus paham bagaimana cara merawat supaya bisa digunakan dengan maksimal tanpa resiko hilang atau rusak. Ketika anak sudah terbiasa merawat perlengkapannya untuk sekolah maka orangtua tidak cemas ada yang segera dibeli karena langsung rusak atau hilang. 

4. Memberi tahu cara penggunaan dengan tepat,
Mengajari buah hati cara memakai perlengkapannya untuk sekolah juga cara tepat untuk berhemat. Sebab bisa jadi karena tidak tahu cara memakainya dengan benar anak-anak justru merusaknya dengan mudah. Misal memakai pensil yang terlalu ditekan akan membuat ujungnya mudah patah dan perlu diserut ulang, hasilnya akan cepat habis. Berikan perhatian lebih dengan mengajari buah hati memakai alat tulis, tas, sepatu, dan sebagainya dengan benar. Dianjurkan beberapa bulan sebelum masuk sekolah. 

5. Memilih perlengkapan yang dibutuhkan, 
Ketika baru pertama kali anak masuk sekolah maka otomatis semua kebutuhan sekolah harus dibeli. Supaya hemat sebaiknya membuat daftar perlengkapan apa saja yang memang penting dan dibutuhkan. Cari tahu dari tetangga ataupun guru yang mengajar di sekolah buah hati apabila memang tidak mengetahuinya sama sekali. Apalagi kini banyak PAUD atau TK yang sudah memperkenalkan teknologi dalam sistem pengajarannya. Kunjungi toko perlengkapan sekolah yang tepat untuk bisa mendapatkan apa yang dibutuhkan tanpa perlu mampir ke beberapa toko sekaligus. 


Comments
0 Comments

0 Response to "5 Solusi Hemat Belanja Perlengkapan Sekolah Anak dengan Cermat"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.