Inilah Masalah Kerusakan Pada Gigi Dan Solusi Cara Mencegahnya


kesehatan gigi

Ada banyak sekali masalah pada gigi yang sering dialami masyarakat mulai dari gigi berlubang, karang gigi dan gigi sensitif. Semua masalah kerusakan tersebut tentu saja disebabkan karena kurangnya perawatan yang setiap orang lakukan pada giginya. Bahkan ada sebagian yang mengabaikan hal tersebut, mereka menganggap kesehatan gigi tidak terlalu penting selama rasa sakitnya masih bisa diobati. Padahal kesehatan gigi sangat erat hubungannya dengan beberapa saraf yang ada dalam tubuh manusia.

Aturan untuk menyikat gigi sebanyak dua kali sehari yaitu setelah makan dan sebelum tidur terkadang tidak digubris masyarakat. Ini terjadi di lingkungan keluarga saya, dulu orang tua kami mewajibkan menyikat gigi pada saat mandi saja. Sehingga saat ini banyak dari kami yang mengalami berbagai masalah kerusakan gigi. Karena mulai banyaknya ilmu yang didapat tradisi di keluarga pun mulai berubah. Anggota baru di keluarga mulai diajarkan untuk menyikat gigi pada saat setelah makan dan sebelum tidur.

Dengan demikian kesehatan gigi di keluarga kami mulai membaik, dan anak-anak juga mulai terbiasa dengan kegiatan ini. Dari cerita ini saya berkesimpulan bahwa penting sekali melakukan sosialisasi merawat gigi pada masyarakat pedalaman. Umumnya golongan masyarakat yang demikian yang sering salah cara dalam merawat kesehatan giginya. Sehingga beberapa masalah kerusakan pada gigi tetap mereka alami sekalipun mereka melakukan sikat gigi setiap hari. Bisa juga dengan mengadakan pemeriksaan gratis di tempat-tempat ini selama 6 bulan sekali, sehingga kesehatan gigi mereka selalu terpantau.

Permasalahan pada gigi mulai dari gigi berlubang sampai yang saat ini sedang ramai terjadi yaitu gigi sensitif pun akan dapat dicegah. Dengan gigi yang sehat masalah yang timbul juga akan berkurang seperti migrain. Migrain dipercaya salah satu penyebabnya dari kerusakan pada gigi geraham karena ada urat saraf yang berhubungan. Secara logika memang masuk akal, yang terpenting adalah setiap orang harus selalu menjaga kesehatan gigi dan mulutnya agar terhindar dari hal-hal yang lebih berbahaya.

5 Cara Menjaga Kesehatan Gigi Yang Benar

Cara menjaga kesehatan gigi yang baik dan benar seharusnya diterapkan dari sejak disini. Buruknya kebersihan mulut dapat menyebabkan infeksi dan peradangan pada gusi. Berikut ini adalah beberapa cara menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik dan benar :

Sikat gigi dua kali


Sikat gigi anda dua kali sehari untuk perawatan mulut yang baik. Selain itu bilas mulut Anda setiap kali setelah makan, karena ini akan membantu mencegah infeksi. Jika morning sickness atau mual menjadi hambatan Anda menyikat gigi, pilihlah pasta gigi yang tanpa rasa selama kehamilan.

Bersihkan lidah


Membersihkan lidah sama pentingnya dengan menjaga kesehatan gigi selama kehamilan. Bersihkan juga lidah ketika anda membersihkan mulut, dan gunakan sikat gigi untuk membersihkannya.

Batasi fluoride


Fluoride merupakan kandungan penting dalam pasta gigi dan obat kumur. Namun peningkatan paparan fluoride dapat menyebabkan bintik-bintik putih pada gigi.

Asupan kalsium


Perawatan mulut yang baik akan sempurna hanya bila gigi Anda sehat. Selama tubuh membutuhkan banyak kalsium. Karenanya cukupi kebutuhannya.

Makan sehat


Selain cara menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan cara menyikat gigi yang benar, makan-makanan yang seimbang sangat penting untuk perawatan mulut selama kehamilan. Produk susu seperti keju dan yoghurt tanpa gula adalah pilihan yang sangat baik. Selain itu, sebaiknya Anda mengurangi asupan gula dan minuman manis lainnya seperti jus atau minuman soda.

Itulah beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk mendapatkan gigi bersih jauh dari penyakit yang berasal dari gigi dan mulu. Jadi jagalah kesehatan mulut anda mulai dari sekarang. Semoga Bermanfaat.

Comments
0 Comments

0 Response to "Inilah Masalah Kerusakan Pada Gigi Dan Solusi Cara Mencegahnya"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.