Kenali Kebiasaan Buruk Penyebab Sakit Jantung

penyebab penyakit jantung

Penyakit jantung sudah terkenal sebagai penyakit penyebab kematian nomer satu di dunia. Penyakit jantung bisa memakan banyak jiwa karena penyakit jantung ini biasanya baru terasa ketika gejalanya sudah parah. Penyakit jantung ini harus ditangani dengan segera agar tidak mengakibatkan kematian. Penyakit jantung ini disebabkan oleh berbagi faktor. Penyebab sakit jantung banyak sekali macamnya sehingga sebisa mungkin kebiasaan yang dapat menyebabkan penyakit ini harus dihindari.

Penyakit jantung dapat disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari faktor genetik hingga faktor kebiasaan. Faktor-faktor penyebab sakit jantung diantaranya adalah faktor usia dan jenis kelamin, keturunan, penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas, stres, dan gaya hidup yang kurang baik. Di samping faktor-faktor tersebut, terdapat beberapa kebiasaan dan riwayat penyakit yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung diantaranya adalah sebagai berikut:

Kebiasaan merokok dapat meningkatkan resiko penyakit jantung karena kandungan nikotin dan karbon monoksida dalam rokok dapat membebani jantung dan berpotensi meningkatkan munculnya gumpalan darah.
Pola hidup yang tidak sehat seperti kurang olahraga, banyak mengonsumsi makanan berlemak dan kurang mengonsumsi buah dan sayur dapat menigkatkan resiko penyakit jantung.
Kadar kolesterol yang tinggi juga dapat meningkatkan resiko penyakit jantung karena kolesterol yang tinggi dapat menyumbat pembuluh darah.
Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan kerja jantung sehingga jantung semakin terbebani dalam memompa darah.
Penyakit diabetes dapat menyebabkan pembuluh darah mengalami penebalan sehingga dapat menyumbat aliran darah.

Penyakit jantung ternyata tidak hanya dapat disebabkan oleh faktor internal tubuh tetapi juga dapat disebabkan oleh faktor eksternal seperti kebiasaan dan gaya hidup yang buruk. Kebiasaan yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung sebaiknya segera dihentikan. Penyebab sakit jantung harus dapat diminimalisir setidaknya dengan mengurangi kebiasaan yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Anda dapat memulai dengan pola makan sehat dengan memakan makanan rendah kalori, lemak dan juga garam. Meskipun begitu, tidak mudah untuk membatasi pilihan makanan sehingga Anda dapat menggunakan produk Tropicana sebagai alternatif makanan sehat.

Comments
0 Comments

0 Response to "Kenali Kebiasaan Buruk Penyebab Sakit Jantung"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.