Inilah Faktor Gejala Serangan Jantung Pada Wanita

sakit jantung

Sebenarnya wanita lebih beresiko terkena serangan penyakit jantung dibandingkan seorang pria. Tapi pada kenyataanya kasus dari serangan jantung lebih banyak menimpa para pria Jantung merupakan salah satu organ vital yang penting untuk dijaga kesehatannya. Mereka, (wanita pada khususnya) yang mengalami atau menderita penyakit jantung, umumnya disebabkan karena kurangnya pasokan oksigen ke jantung, sehingga jantung tidak dapat berfungsi dengan baik.Kebiasaan buruk yang sering tidak kita sadari, terutama pola pada makan, sangat berpengaruh penting pada gangguan kesehatan jantung. Ini bukan penyebab tunggal. Masalah pada jantung juga dapat dipicu kurangnya salah satu aktivitas fisik seperti olahraga dan stres berkepanjangan. Dan terlebih bagi pada wanita perokok, rokok dapat terjadi sebagai salah satu penyebab sakit jantung mendadak, gangguan pada kesehatan jantung lebih berpotensi. Ini karena ketidakstabilan hormon estrogen dalam tubuh akibat dari bahayanya zat nikotin. Padahal, estrogen merupakan hormon penangkal penyakit jantung. 

Penyakit yang paling sering terjadi adalah serangan jantung. Setiap tahunnya selalu ditemukan data bahwa ada wanita yang meninggal dunia karena di sebab kan dari serangan jantung. Artinya, wanita memang lebih beresiko terkena serangan jantung dibandingkan pria.

Di Indonesia, penyakit jantung masih menjadi penyebab utama kematian terbesar kaum pria. Tetapi, bukan berarti perempuan tidak bisa terkena penyakit ini. Ada beberapa gejala paling umum yang menandai terjadinya serangan jantung seperti rasa sesak di dada, nyeri, dan pusing. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah, apakah gejala serangan jantung pada laki-laki dan perempuan sama? Jawabannya, tidak!

Berikut ini adalah gejala-gejala yang harus diwaspadai akan munculnya serangan jantung pada perempuan.

• Mual dan muntah yang tidak akan berhenti
• Sesak napas (tapi tidak mendesah) atau terutama jika anda terbangun di malam hari
• Dada terasa tidak nyaman yang dimulai dari bagian belakang tulang dada dan menjalar ke bahu atau lengan, leher, rahang.
• Ketidak nyamanan di rahang bawah
• Ketidak nyamanan di punggung atas terutama jika terjadi hanya dengan tenaga atau tidak akan pergi
• Ketidak nyamanan di dada atau punggung yang terjadi ketika makan banyak
• Tiba-tiba jantung berdetak sangat cepat bersamaan dengan denyut nadi
• Tiba-tiba hilang kesadaran
• Fisik tidak mampu melakukan pekerjaan rumah tangga biasa

Jantung merupakan salah satu organ yang fungsinya sangat vital bagi tubuh. Banyak yang dapat dari dampak penyebab sakit jantung. Oleh karena itu menjaga kesehatan jantung sangatlah penting baik wanita ataupun pria. Mulailah sayangi jantung anda sekarang juga dengan membiasakan pola hidup sehat dan kenali gejala-gejala awal penyakit jantung.

Baca Artikel menarik lainnya di Kenali Kebiasaan Buruk Penyebab Sakit Jantung
Comments
0 Comments

0 Response to "Inilah Faktor Gejala Serangan Jantung Pada Wanita"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.