Begini Cara Menjaga Kesehatan Gigi Secara Aman

menjaga kesehatan gigi

Tidak hanya kesehatan tubuh yang dijaga agar tidak sakit misalnya sakit flu namun juga kesehatan gigi. Sebelum makanan masuk ke dalam tubuh, harus melalui mulut dan dengan menggunakan gigi, tubuh menjadi lebih mudah untuk dapat mengolah dan mengambil nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi. Jika mulut dan gigi Anda tidak dalam kondisi yang sehat misalnya gigi berlubang, sariawan akan mengganggu proses mengunyah Anda, sehingga dilakukan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan tepat dan aman.

Cara pertama adalah dengan meminum air putih setelah Anda makan. Air putih memiliki kandungan gula yang paling sedikit sehingga aman untuk gigi. Selain itu, dengan meminum air putih, sisa makanan yang ada di dalam rongga mulut Anda dapat turun ke kerongkongan bersamaan dengan air yang Anda minum. Air putih juga dapat membantu untuk memperlancar dan mempermudah kerja sistem pencernaan Anda sehingga penyerapan nutrisi dan vitamin lebih maksimal.
Kedua adalah dengan mengkonsumsi buah segar seperti apel dan strawberry. Buah segar dapat membantu Anda untuk menghilangkan kotoran pada gigi terutama untuk jenis buah seperti strawberry dan apel, berkhasiat untuk membantu memutihkan gigi. Sehingga baik bagi Anda yang tidak hanya ingin menjaga kesehatan gigi namun juga memutihkan gigi. Ketiga adalah dengan mengkonsumsi permen karet yang mengandung xylitol dan bebas gula. Dengan mengunyah permen karet, produksi air liur dapat meningkat dan mencegah bau mulut serta dapat membantu untuk mengangkat partikel makanan dan asam yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi.

Tips menjaga kesehatan gigi yang keempat adalah mengurangi atau menghindari konsumsi kopi, teh, alkohol. Konsumsi teh, terutama green tea dan black tea, serta kopi sebenarnya tidak masalah jika diminum tidak berlebihan misalnya 1 gelas sehari. Akan tetapi, jika berlebihan terutama kopi tidak hanya dapat membuat gigi timbul plak namun juga dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti asam lambung. Jika Anda meminum alkohol tidak hanya dapat membuat mulut memiliki bau yang kurang sedap namun juga dapat membuat mulut Anda menjadi kering.

Kelima adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium yang berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi dan menguatkan gigi dari dalam. Beberapa makanan seperti sayuran, biji wijen atau biji bunga matahari dapat Anda konsumsi setiap hari. Sedangkan minuman seperti susu dan produk olahannya misalnya yogurt baik untuk menjaga kekuatan dan kesehatan gigi.

Keenam adalah dengan menggunakan benang gigi dan menggosok gigi dengan baik. Benang gigi diperlukan untuk dapat mengangkat partikel atau sisa makanan yang ukurannya kecil yang terselip di antara gigi agar dapat terbuang dan tidak tertinggal di rongga mulut. Setelah menggunakan benang gigi, Anda dapat menggosok gigi Anda dengan benar agar sisa makanan dan bagian di rongga mulut terutama di bagian gigi graham dalam, dapat bebas dari sisa makanan dan menjaga agar mulut tetap bersih dan sehat. Pastikan Anda menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk perlindungan maksimal. Setelah sikat gigi, Andai dapat menggunakan Listerine yang terbukti ampuh untuk membunuh bakteri dan kuman yang ada di rongga mulut yang menjadi penyebab terjadinya masalah gigi seperti bau mulut, plak dan gigi berlubang. Cara menjaga kesehatan gigi ini dapat Anda aplikasikan setiap hari dan aman untuk digunakan. Mengandung minyak esensial sebagai antiseptik serta terdapat zinc dan fluoride untuk perlindungan menyeluruh. Jadi, gunakan Listerine untuk menjaga kesehatan gigi Anda!

listerine mencegah bau mulut
Comments
0 Comments

0 Response to "Begini Cara Menjaga Kesehatan Gigi Secara Aman"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.