Cara Mengatur Pola Makan Penderita Diabetes Atas Dasar Prinsip 3J

pola makan baik penderita penyakit diabetes

Bagaimana sih cara mencegah penyakit diabetes agar tidak menyerang tubuh kita? Menurut Futuready kunci dari permasalahan tersebut sebenarnya hanya mengarah pada pengaturan bagaimana pola makan sobat, buruk ataukah sehat. Apabila sobat menerapkan pola makan sehat, tentu penyakit diabetes tidak mungkin bisa menyerang tubuh sobat. Sebaliknya, apabila pola makan yang sobat terapkan buruk maka jangan berharap kalian terhindar dari penyakit diabetes. Tak hanya penyakit diabetes saja yang mengancam kesehatan tubuh sobat bila menerapkan pola makan sehat, tapi penyakit komplikasi lain bisa saja menyerang organ vital tubuh sobat. Hal ini tentu tidak ingin terjadi pada diri sobat bukan? Nah, untuk itu selalu berpikirlah positif dan terapkanlah pola hidup sehat bila tidak ingin terserang diabetes.

Baca Hindari Makanan Pantangan ini Sebagai Cara Mengobati Diabetes yang Ampuh

Lalu pola makan baik penderita penyakit diabetes itu bagaimana bila ternyata sudah terlanjur terserang diabetes? Cara mengatur pola makan penderita diabetes menurut Futuready harus mengarah para prinsip 3J yakni jenis, jumlah dan jadwal. Mengenai penjelasannya bisa sobat simak dibawah ini :
1.    Jenis Susunan makanan yang perlu diperhatikan penderita diabetes harus mencakup lemak, protein, karbohidrat, sayuran dan buah-buahan. Penting! Keperluan gizi memang seharusnya dipenuhi tapi harus dengan menu makanan yang tepat agar bisa menormalkan kadar glukosa darah. Berikut aturan pola makan yang harus dijalankan penderita diabetes sekali makan : 
  • Sayuran ½ bagian (wortel, sawi hijau, bayam dsb)
  • Karbohidrat ¼ bagian (oat, nasi merah, dsb)\
  • Lauk ¼ bagian (tempe, ikan, tahu, dsb)
2.    Jadwal
Tahap ini mencakup makan pagi, siang dan malam serta makan selingan. Kenapa penderita diabetes perlu makan sesering mungkin? Berikut cara membagi jadwal makan penderita diabetes : 
  • Bagilah makanan jadi beberapa bagian dengan porsi kecil dan tambah frekuensi makan sobat, per hari minimal 5 sampai 6 kali makan agar glukosa berada dibatas normal.
3.    Jumlah
Total makanan yang sobat konsums harus disesuaikan dengan umur, jenis-jenis aktivitas, berat badan dan juga tinggi badan. Sobat juga bisa menghitung total kebutuhan kalorinya sobat atas dasar keperluan kalori harian.

Baca lainnya Ciri-ciri Diabetes pada Umumnya yang Wajib Diketahui
Comments
0 Comments

0 Response to "Cara Mengatur Pola Makan Penderita Diabetes Atas Dasar Prinsip 3J"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.