Cara mencuci baju dengan benar dan baik dengan menggunakan metode klasik

cara mencuci baju

Mencuci baju merupakan suatu kegiatan membersihkan pakaian yang kotor agar menjadi bersih. Mencuci baju biasanya dilakukan oleh para ibu rumah tangga setiap hari. Ada juga yang mencuci baju hanya seminggu sekali karena biasanya mencuci baju diwaktu demikian adalah seorang ibu karir. Berbeda dengan ibu rumah tangga, mereka biasanya mencuci baju setiap hari bahkan sampai membersihkan rumah.

Perlu diketahui juga mencuci baju ada 2 cara, yaitu dengan cara modern dan dengan cara klasik. Dengan cara modern biasanya ini menggunakan mesin cuci yang akan memberikan waktu yang cukup efektif karena hanya tinggal memberikan detergen dan menunggunya. Adapun dengan cara klasik biasanya menggunakan tangan secara langsung. Metode klasik ini biasanya digunakan oleh para ibu rumah tangga yang tidak memiliki tanggungan berat dalam mencuci. Namun perlu diketahui juga bagi anda yang suka mencuci baju dengan cara klasik karena ada beberapa cara cuci baju yang benar dengan cara klasik.

Berikut ini adalah cara mencuci baju yang benar dengan menggunakan metode klasik.

1.    Siapkan alat.Alat yang dimaksud adalah ember, penggosok baju, air dan baju yang akan dicuci. Masukan terlebih dahulu baju kedalam ember untuk dicuci.

2.    Pisahkan pakaian putih dengan pakaian lainnya.
Karena jika pakaian putih disatukan dengan pakaian lainnya itu tidak baik hal itu akan merusak warna pada pakaian putih sehingga warna tersebut akan terganggu. Meskipun dengan cara klasik, pakaian putih tetap harus dipisahkan karena itu lebih baik.

3.    Rendam baju dalam ember yang berisi air.
Tunggu sekitar 15 menit untuk merendam pakaian didalam ember yang berisi air. Hal ini berfungsi untuk memudahkan air menyeram kesela-sela bagian pakaian dan meminimalkan kotoran yang menempel pada baju tersebut.

4.    Beri detergen.
Setelah direndam beberapa menit, beri pakaian tersebut detergen dan aduk hingga berbusa. Hal ini berfungsi untuk memberikan pembersih karena detergen yang akan menyerap pada suatu pakaian.

5.    Gosok dengan alat pembersih.
Setelah itu gosok pakaian tersebut hingga bersih
6.    Bilas dengan air hingga bersih, lalu jemur dibawah sinar matahari yang terang yang tentunya tidak boleh ada debu ketika dijemur.
Comments
0 Comments

0 Response to "Cara mencuci baju dengan benar dan baik dengan menggunakan metode klasik"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.