Mengenal Posisi Pemain Pada Permainan Bola Basket

permainan bola basket

Di dalam permainan olahraga apapun pastilah memiliki sebuah posisi penting, hal ini disebabkan di dalam bermain terdapat aturan tersendiri yang berada di dalamnya, termasuk ketika bermain permainan bola basket. Di sini, setiap pemain memiliki peran serta fungsi masing-masing. Peran ini dapat disebut dengan posisi penting yang diharuskan untuk dikuasai para pemain yang di tempatkan di posisi tersebut. Berikut posisi di dalam permainan basket.

Posisi pertama di dalam permainan basket ialah guard, posisi guard sendiri terdiri dari 2 macam, antara lain:
  1. Point guard. Posisi ini memiliki tugas untuk mengatur permainan dengan cara mengatur strategi yang akan di pakai dalam pertandingan dengan cara memakai pola-pola permainan yang sudah dipelajari sebelumnya oleh timnya. Walaupun handling bola sangat penting di posisi manapun, akan tetapi banyak orang yang percaya jika seseorang yang memiliki kemampuan untuk dribble yang baik sangat cocok untuk menempati posisi yang satu ini,
     
  2. Shooting guard. Untuk shooting guard hal ini bergantung dari strategi serangnnya, ini akan menjadi pemain yang lebih membantu bola mengalir di dalam serangan, akan tetapi pemain ini juga menjadi penembak yang utama serta bisa melakukan sebuah drive ke dalam. Mereka juga bisa merangkap menjadi small forward.

Kedua ialah forward. Tahukah Anda, kebanyakan pemain yang berada di posisi forward ini memiliki postur badan yang jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan posisi guard. Tentu para pemain juga memiliki kemampuan untuk rebound yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan posisi guard. Posisi ini juga sering disebut dengan power forward. Seorang forward harus mampu melihat posisi kosong yang berada di dekat key hole agar bisa melakukan penetrasi ke bagian dalam.

Posisi terakhir dalam permainan bola basket ialah center. Untuk center ini sering sekali disebut dengan big man di dalam permainan. Biasanya mereka ialah pemain yang memiliki postur yang paling tinggi serta paling besar di dalam permainan. Pemain ini memiliki tanggung jawab di dalam melakukan rebound serta bermain pada area key hole.
Comments
0 Comments

0 Response to "Mengenal Posisi Pemain Pada Permainan Bola Basket"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.