Efek Negatif Memberikan Kasih Sayang Ayah Secara Berlebih Buat Mental Si Anak

kasih sayang ayah

Peran ayah selain sebagai kepala rumah tangga juga menjadi sosok tauladan bagi anak-anaknya. Kasih sayang ayah juga sangat berperan penting dalam membangun karakter anak untuk kedepannya. Namun jika kasih sayang ayah diberikan secara berlebihan juga akan berdampak buruk. Berikut ini efek negative memberikan kasih sayang ayah secara berlebih buat mental si anak  
  1. Menjadi lebih pemalas.
    Bila sang ayah terus memanjakan anak, pada akhirnya anak akan tumbuh kembang dengan jiwa yang pemalas. Mereka akan selalu mengandalkan sang ayah jika mengalami sesuatu hal yang sulit dipecahkan. Bila ini tetap dibiarkan, tentu membuat tingkat kecerdasan dan kreatifitas si anak menurun.
  2. Kurang peka terhadap kondisi sekitar.
    Karena terbiasa dibantu oleh sang ayah membuat sifat anak menjadi kurang peka terhadap kondisi sekitar. Anak akan mengalami kesulitan dalam melakukan inisiatif menyelesaikan suatu pekerjaan. Jika hal ini dibiarkan terus-terusan tentu membuat mental si anak menjadi buruk karena selalu mengandalkan sang ayah jika mengalami kesulitan.
  3. Mengalami kesulitan dalam bersosialisasi.
    Seringnya sang ayah memanjakan sang anak juga membuat anak menjadi kesulitan dalam bersosialisasi dengan teman-temannya. Hubungan anak dengan teman-temannya akan lebih seperti hubungan antara pimpinan dan anak buah. Hal ini dikarenakan saat di rumah si anak sudah terbiasa menyuruh ayahnya untuk melakukan sesuatu yang diinginkan.
  4. Kecerdasan emosional menurun.
    Dengan kasih sayang berlebih yang diberikan sang ayah secara terus-menerus kepada anak tentu membuat kecerdasan emosional anak akan menurun. Anak akan mengalami kehilangan rasa tanggung jawab, rasa menghargai, dan empati terhadap orang lain yang seharusnya ditanampkan pada jiwa anak sejak kecil.

Bagi ayah, memberikan kasih sayang terhadap anak merupakan kewajiban namun tetap harus pada batas kewajaran. Berikanlah kasih sayang yang bersifat mendidik salah satunya dengan sesekali mengajarkan mereka mandiri namun sesekali juga sedikit memanjakan anak seperti dengan memandikan menggunakan sabun Zwitsal. Dengan begini anak akan tumbuh kembang dengan mental dan jiwa yang baik.

Comments
0 Comments

0 Response to "Efek Negatif Memberikan Kasih Sayang Ayah Secara Berlebih Buat Mental Si Anak"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.