Ciri-Ciri Diabetes Pada Umumnya yang Penting Diketahui


Meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh sehingga menyebabkan koordinasi tubuh menjadi terganggu biasa kita kenal sebagai penyakit diabetes. Penyakit kronis ini dinilai mampu mengancam jiwa penderitanya sehingga perlu langkah serius agar penyakit gula ini tidak bertambah parah dan mengakibatkan banyaknya fungsi anggota tubuh yang terserang dan menjadi terganggu. Ciri-ciri penyakit diabetes harus semakin banyak diketahui oleh masyarakat guna mengantisipasi terjangkitnya penyakit parah tersebut karena sebagian besar orang yang terkena tidak menyadari bahwa dirinya telah terindikasi penyakit kadar glukosa berlebih itu. Faktor keturunan memang menjadi salah satu indikator seseorang bisa terkena penyakit diabetes akan tetapi gaya serta pola hidup yang tidak sehat juga dapat menjadi peluang seseorang rentan terjangkitinya.

Mengetahui secara dini gejala penyakit diabetes dapat membuat kita menjadi pribadi yang lebih sigap ketika salah satu cirinya dialami oleh tubuh kita sehingga dengan begitu perkembangan penyakit tersebut lebih dapat cepat teratasi. Meski pastinya semua orang tidak berharap dan menginginkan terjangkit gejala penyakit gula darah itu akan tetapi dengan mengetahui ciri umum dari penyakit diabetes ini diharapkan dapat menjadi motivasi dan acuan kita untuk selalu dapat menerapkan pola hidup sehat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Bagi yang belum mengenal akan ciri-ciri diabetes pada umumnya, simak paparan informasinya berikut ini :

1.   Peningkatan Kadar Gula Darah
Meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh ini sering dikaitkan dengan jumlah hormon insulin pada tubuh yang berkurang sehingga tidak bisa efektif dalam mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Kurangnya produksi insulin pada tubuh tersebut akibat dari kerja organ pankreas yang tidak memiliki kemampuan maksimal dalam memproduksi hormon pengatur kadar gula darah itu.

2.   Polifagi
Polifagi dapat diartikan sebagai keinganan makan yang berlebihan akibat rasa lapar yang seringkali dirasakan. Keinginan untuk makan secara berlebihan sebagai gejala umum orang yang terkena penyakit diabetes ini diakibatkan dari kurangnya nutrisi pada tubuh si penderita sebagai akibat dari kadar gula dalam tubuh tidak dapat diserap dengan baik karena disfungsi kerja insulin pada tubuh.

3.   Poliuri
Sering buang air kecil atau poliuri menjadi gejala umum selanjutnya orang yang terindikasi penyakit diabetes. Intensitas buang air kecil berlebihan yang dialami oleh penderita penyakit diabetes tersebut diakibatkan oleh organ ginjal yang tidak lagi memiliki kemampuan dalam menahan kelebihan gula darah yang ada pada tubuh.

4.   Polidipsi
Polidipsi yang berarti rasa haus berlebihan yang dialami penderita diabetes adalah akibat meningkatnya gula darah dalam tubuh dimana nantinya akan diakhiri dengan banyak dibuangnya cairan tubuh melalui proses buang air kecil. Terlalu banyak cairan yang terbuang, secara otomatis membuat si penderita diabetes merasa kehausan untuk mensuplai kembali cairan bagi tubuh.

Comments
0 Comments

0 Response to "Ciri-Ciri Diabetes Pada Umumnya yang Penting Diketahui"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.