Cara Membuat Tahu Sumedang

Siapa yang tidak pernah makan tahu sumedang? Jika anda adalah orang yang sama sekali belum pernah mencoba tahu ini sangat disayangkan sekali. Tahu Sumedang adalah tahu khas daerah Sumedang, Jawa Barat. Makanan tradisional ini memiliki rasa yang khas dan resep yang sudah turun temurun.

Jika anda berminat untuk mengetahui bagaimana tahu sumedang dibuat, berikut akan dijabarkan sedikit mengenai cara membuat tahu sumedang:

Pertama adalah menyiapkan alat, yaitu mesin giling, kuali perebus, wajan untuk menggoreng, kompor atau bisa gunakan tungku, baskom plastik, tempat penyaringan, kain saring, dan rak dari bambu.

Kedua, menyiapkan bahan antara lain: kedelai lokal, air , penggumpal atau koagulan, antibusa (dipasaran sering ditemui dengan nama kalsium karbonat, minyak goreng, dan silcone defoamer), minyak goreng, bumbu-bumbu.
Jika alat dan bahan sudah disiapkan, selanjutnya adalah cara membuatnya yaitu:
  1. Bersihkan kedelai dari kotoran dan benda asing
  2. Rendam dalam air dengan perbandingan 1:2 selama 3-5 jam, kemudian tiriskan
  3. Giling hingga menjadi bubur kedelai
  4. Panaskan bubur kedelai 
  5. Masukkan antibusa, dan masak hingga matang berwarna kuning pekat
  6. Angkat dan saring bubur kedelai dengan ditambahkan dengan air panas

Jika langkah tersebut sudah selesai, tahap selanjutnya adalah penggumpalan, percetakan, pengepresan, pemotongan dan penggorengan. Bila anda ingin membuat sendiri dirumah, silahkan mencari resep dengan takaran yang benar.

Comments
0 Comments

0 Response to "Cara Membuat Tahu Sumedang"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.