Pentingnya Komunikasi Di Dalam Keluarga

rahasia keluarga harmonis

Rahasia keluarga harmonis terletak pada komunikasi. Hal itu merupakan kunci dari kerja sama diantara masing-masing anggota keluarga. Karena pengertian saja tidak cukup, terkadang ada hal-hal yang tidak dapat kita mengerti. Tapi jika masing-masing belajar untuk mengungkapkan, mengutarakan, menyampaikan, baik itu pemikiran, gagasan ataupun uneg-uneg, maka komunikasi dapat terjalin dengan baik untuk mencapai keharmonisan keluarga. Memang hal ini tidaklah mudah, namun bukan berarti tidak dapat diupayakan. Menjalin komunikasi mungkin perlu dilakukan sepanjang hidup bersama. Dengan begitu pengertian diantara masing-masing anggota keluarga pun akan tercapai.

Salah satu hal yang sering dilupakan dalam komunikasi adalah mendengarkan. Hal ini harus dipupuk sejak dini dan harus dimulai dari orang tua. Memang, orang tua memiliki peran vital dalam sebuah keluarga harmonis. Awalnya mereka dululah yang harus menerapkan hidup yang harmonis. Karena orang tua adalah poros tempat dimana keluarga berkitar. Jadi, komunikasi bukan sekedar menyampaikan namun juga mendengarkan, maksudnya bukan sekedar memberi tapi juga menerima. Itulah salah satu rahasia keluarga harmonis yang saya ketahui. Kedua hal tersebut, menyampaikan dan mendengarkan memang terkesan mudah, tapi pada prakteknya dibutuhkan usaha yang gigih dan tekun agar dapat terus-menerus terlaksana. 

Keluarga yang harmonis memang dambaan setiap orang. Untuk meraihnya cukup dibutuhkan kerja keras. Namun bukan berarti kerja keras itu akan sia-sia karena dalam keluarga yang harmonis akan tercipta pribadi-pribadi yang pada akhirnya menyebarkan keharmonisan itu ke lingkungan sekitarnya.

Comments
0 Comments

0 Response to "Pentingnya Komunikasi Di Dalam Keluarga"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.