Penting Resiko Kehamilan di Usia Tertentu

Untuk bisa mendapatkan kehamilan yang optimal, ada rentang usia tertentu. Seorang wanita yang hamil di usia terlalu muda atau terlalu tua punya resiko tinggi baik terhadap ibu maupun janin. Usia terbaik bagi seorang wanita untuk hamil adalah 20 hingga 35 tahun dimana kondisi anatomi dan fisiologi manusia sedang matur. Nah, berikut ini info kehamilan mengenai resiko hamil di usia tertentu.

Di Bawah 20 Tahun
Usia dibawah 20 tahun masih belum baik untuk terjadinya kehamilan. Alasannya perkembangan tulang panggul pada usia tersebut kadang belum sempurna sehingga akan mengganggu proses kehamilan dan persalinan sendiri. Ada ukuran panggul yang normal untuk bisa hamil dan melahirkan dengan aman. Nah, kalau usia muda sudah hamil, maka perkembangan tulang panggul ini akan berhenti sebelum mencapai titik maksimal.

Resiko lain datang dari sisi psikologis wanita. Seperti yang kita ketahui dari pengetahuan kehamilan bahwa setelah memiliki buah hati seorang wanita akan jauh lebih sibuk dibandingkan sebelumnya. Tugas wanita sebagai istri yang melayani suami, sebagai ibu yang mengasuh buah hati, dan sebagai bagian dari masyarakat secara mandiri kadang terasa berat bagi mereka yang masih belia.

Meskipun kedewasaan tidak sepenuhnya bergantung pada faktor usia, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa hal ini juga mempengaruhinya. Bertambahnya usia tentu akan membuat wanita lebih dewasa karena mereka belajar dari pengalaman dan fungsi otaknyapun telah berkembang lebih baik. Oleh karena itu, biarkan wanita tumbuh dewasa dahulu sebelum mengalami kehamilan.
Diatas 35 Tahun

Kesehatan tubuh wanita yang usianya diatas 35 tahun sudah mengalami penurunan. Pada beberapa wanita bahkan sudah mengalami penurunan hormon estrogen dan progesteron. Kalau sampai terjadi kehamilan, biasanya sangat beresiko perdarahan. Info kehamilan juga menganjurkan kalau wanita usia diatas 35 tahun lebih banyak mengonsumsi vitamin E untuk kesehatan kulit dan kecantikannya.

Sebaiknya kita rencanakan benar mengenai kehamilan dan persalinan bersama keluarga dna pasangan. Usia 20 hingga 28 tahun merupakan waktu yang tepat bagi wanita untuk memulai kehidupan berumahtangga. Pengetahuan kehamilan ini sangat bermanfaat bila diterapkan dalam kehidupan. Lihat beberapa manfaat buah anggur untuk ibu hamil.

Comments
0 Comments

0 Response to "Penting Resiko Kehamilan di Usia Tertentu"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.