Bagaimana Mengatasi Anak yang Susah Makan

Dalam suatu kondisi tertentu, selalu ada masa-masa dimana anak mulai menunjukkan gejala susah makan. Biasanya terjadi pada usia 1 sampai 2 tahun ketika dia sudah mulai dikenalkan dengan makanan padat. Hal ini merupakan hal yang normal selama hanya berlangsung pada periode tertentu. Agar tidak terjadi berlarut-larut, berikut cara mengatasi anak susah makan ketika ia mulai menunjukkan tanda-tanda menolak suatu makanan.
  1. Mengatakan “cobalah satu suap saja” pada anak memang terkadang efektif membuat si kecil memakan makanannya, namun tujuan dari membuat anak makan bukanlah pada saat itu saja namun hingga jangka panjang. Untuk itu, cobalah menyediakan beragam jenis makanan pada piring buah hati Anda dan pastikan salah satu jenisnya ada makanan yang ia sukai. Dengan syarat, jenis makanan lain harus ia coba agar anak mengenal berbagai jenis rasa makanan.
  2. Sebuah penelitian pernah menyebutkan butuh 10 sampai 15 kali percobaan sampai seorang anak menyukai suatu makanan. Jika anak menyatakan dia tidak menyukai rasa suatu makanan, tetap sediakan makanan tersebut dalam makanan anak tanpa harus memaksa untuk memakannya. Cara mengatasi anak susah makan ini akan membuat anak terdorong untuk membuat keputusan apakah ia akan tertarik untuk mencoba makanan tersebut atau memang dia tidak menyukai rasanya.
  3. Bisa jadi anak menolak makanan karena memang tidak merasakan lapar. Hal ini bisa terjadi karena dalam 1 tahun pertama kehidupannya, pertumbuhan anak sangat cepat sehingga dia pun cepat merasa lapar. Memasuki tahun kedua pertumbuhannya cenderung melambat sehingga rasa lapar pun dapat berkurang. Ketika anak sedang lapar, manfaatkan kondisi tersebut dengan menyediakan makanan yang cenderung bukan favorit anak seperti sayuran. Dalam kondisi lapar biasanya anak akan memakan apa saja yang tersedia untuknya, dan sediakan makanan favoritnya diakhir hidangan.
  4. Penelitian menunjukkan bahwa anak akan menyukai sayur dan buah jika dihidangkan dalam sajian yang menarik dan nama menu makanan yang unik. Oleh karena itu, tips menghadapi anak sulit makan berikutnya adalah sediakan buku masakan untuk anak-anak dengan tampilan dan nama makanan yang menarik. Diskusikan jenis makanan yang ia suka dan cobalah untuk memasaknya di rumah.
Baca juga artikel lainnya Membuat Resep Makanan Anak Omelet Keju
Comments
0 Comments

0 Response to "Bagaimana Mengatasi Anak yang Susah Makan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.