Resep Masakan Kuliner Khas Jawa Yang Mudah Di Pelajari

Resep masakan nusantara punya cita rasa yang lezat dan tidak kalah dengan kuliner dari negara lain. Indonesia punya beragam resep yang berbeda di setiap daerah. Resep-resep tersebut memperkaya kuliner nusantara dan menjadi daya tarik untuk wisatawan. Anda dapat memasak resep tersebut di rumah untuk keluarga. Kali ini kita akan memasak semur yang merupakan makanan dari tanah Jawa.

Bahan yang Bisa Dicoba

Semur ini kaya akan bahan dan bisa divariasikan dengan panganan lokal. Ada semur tahu, tempe, bakso, daging, dan semur ayam. Bahkan ada resep masakan semur jengkol. Tinggal bahan apa yang ingin anda masak dengan bumbu semur. Semua bahan menggunakan bumbu yang sama.

Bumbu Semur

Untuk bumbu halus diperlukan bahan: bawang merah, bawang putih, pala dan kemiri yang sebelumnya telah dishangrai. Bumbu tersebut dihaluskan kemudian ditumis dengan sedikit minyak atau margarin.

Cara membuat makanan nusantara semur yang lezat dibutuhkan bahan pelengkap, yaitu lengkuas yang dimemarkan, daun salam, jahe, dan serai. Semua dimasukkan ke dalam tumisan agar baunya menjadi harum dan khas. Tanpa bahan pelengkap tersebut rasa semur menjadi kurang lezat. Semur butuh gula merah dan kecap kental manis. Pilih kecap bangau yang berkualitas dari bahan kedelai hitam pilihan. Kalau kecapnya kurang enak maka hasil masakannya tidak maksimal meskipun bumbunya sama.

Teknik Memasak

Untuk membuat semur ini sangat mudah. Pertama, tumis bumbu halus yang telah disebutkan di atas bersama bahan pelengkap hingga baunya harum. Setelah itu bahan ayam atau yang lainnya dimasukkan dan tambahkan sedikit air. Tuangkan kecap sesuai selera hingga warnanya berubah coklat. Tutup masakan hingga airnya tinggal sedikit. Kalau ayam atau daging masih keras bisa ditambah air lagi sampai lunak dan benar-benar matang. Resep masakan nusantara ini biasanya disukai anak-anak.

Menarik Lainnya Resep Masak Cumi Cabe Hijau

Tambahan lain adalah gula merah (bagi yang suka). Ciri khas rasa semur adalah manis asin dan gula merah sebagai penyedap sekaligus membuat masakan menjadi lebih legit. Kalau tidak ada bisa diganti dengan gula pasir putih. Jangan lupa tambahkan garam ke dalam resep masakan khas Indonesia agar rasanya tidak hambar.

1 Response to "Resep Masakan Kuliner Khas Jawa Yang Mudah Di Pelajari"

  1. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Resep Masakan Kuliner Khas Jawa Yang Mudah Di Pelajari " .
    Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis dan mungkin anda minati. Anda dapat mengunjungi di Explore Indonesia by Universitas Gunadarma

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.