Faktor Penting Untuk Membantu Kecerdasan Anak

Tumbuh kembang anak banyak dipengaruhi oleh lingkungan, gizi, maupun faktor genetik. Anak yang cerdas dan kreatif bisa lahir dari lingkungan yang kreatif, makanan yang bergizi tinggi, serta faktor genetik yang anak miliki.



Kecerdasan dalam tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh 40-50 faktor genetik, 30-40 persen faktor gizi, dan 10-20 persen faktor lingkungan. Staf ahli kemenpora, Prof. A. Purba, AIFO menyatakan bahwa orang tua perlu memperhatikan beberapa hal agar anak bisa tumbuh secara cerdas maupun kreatif. Hal tersebut adalah dengan memberikan anak stimulasi yang tepat, kemudian kedisiplinan yang tegas namun dengan penuh kasih sayang, serta memberikan contoh yang baik kepada anak-anak.

Pada dasarnya anak-anak memiliki kebutuhan seperti panganm perawatan kesehatan dasar, kesegaran jasmani, rekreasi, higienis atau sanitasi, sandang dan juga papan. Anak juga membutuhkan kasih sayang dari kedua orang tuanya, yang bisa anda praktekkan dengan memberikannya hadiah untuk menghargai anak yang sudah berprestasi.

Hindari anak dari kondisi yang dapat memicu tingkat stresnya, karena kondisi tertekan atau stres dapat membuat kecerdasan anak menurun. Untuk itu, sebisa mungkin hindari pertengkaran di depan anak-anak, perceraian, maupun perlakuan kasar terhadap anak.

Jika anda perlu untuk menegur, maupun mengkritik anak, lakukan dengan cara yang halus dan baik. Lakukan tanpa memojokkan anak, namun memberi tahu anak tentang apa yang boleh dan tidak boleh untuk dilakukan. Dan bagaimana resiko yang akan dihadapi oleh anak tersebut jika anak melakukan hal yang tidak baik. Bagaimanapun juga komunikasi sangatlah penting dalam pertumbuhan anak anda.
Comments
0 Comments

0 Response to "Faktor Penting Untuk Membantu Kecerdasan Anak"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.